Berita

Menyikapi Komposisi Pelanggan Telkomsel: Nokia Masih Yang Terbanyak, Pertumbuhan Windows Phone Tercepat

Bertanya-tanya tentang komposisi pelanggan Telkomsel berdasarkan platform ponsel yang digunakannya? Arief Pradetya, Division Head, Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel menyebutkan dengan gamblang komposisinya dari 125 juta pelanggan operator terbesar di Indonesia saat ini. Dikutip dari Liputan 6, disebutkan bahwa 47%  (atau mendekati 60 juta) pelanggan menggunakan ponsel (feature phone) Nokia. Hal yang tidak mengejutkan dan bisa menjadi acuan pengembang untuk melihat target pasarnya.

Fakta ini tentunya mendasari kenapa frekuensi 2G masih belum bisa dikurangi atau dihilangkan, karena kebanyakan konsumen masih berada di kategori ini. Pasar smartphone, meskipun menjadi primadona untuk masa mendatang ternyata memang masih sangat kecil persentasenya. Arief kepada The Jakarta Post menyatakan bahwa komposisi pelanggan smartphone terdiri atas 9 juta pengguna BlackBerry, 4 juta pengguna Android, 450 ribu pengguna iOS dan 125 ribu pengguna Windows Phone. Jika dihitung-hitung, jumlah pengguna smartphone yang menggunakan Telkomsel kurang dari 20% dari total pelanggan.

Arief terang-terangan menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2012 lalu, smartphone yang paling laris adalah Samsung yang mengusung Android. Tak heran jika tahun ini Telkomsel memilih untuk mem-bundling Android ke paket jualannya -- mencakup 70% dari total paket bundling yang ditawarkan. Harganya kebanyakan di bawah batas Rp 3 juta.

Sebagai operator dengan basis pelanggan terbesar, data Telkomsel ini tentu tidak bisa dianggap remeh bagi pengembang mobile di tanah air. Sekali lagi pasar Asha/S40 memiliki potensi yang sangat tinggi, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan, apalagi bagi pengembang yang fokus ke arah volume untuk penjualan aplikasinya. Untuk smartphone, tidak salah jika platform BlackBerry dan Android menjadi prioritas, meskipun di beberapa segmen pengembangan untuk pasar iOS harus diperhatikan.

Pasar Windows Phone, meskipun terbilang masih kecil, tidak bisa dianggap remeh. Arief menyebutkan bahwa di antara bulan Januari hingga Agustus 2013 ini, pertumbuhan pengguna platform Windows Phone bertumbuh sebanyak 137%, didominasi oleh seri low end seperti Lumia 520 dan 620.

Para pengembang mobile, sudah yakin dengan platform mobile yang Anda pilih di Indonesia?

[catatan] Koreksi judul untuk merefleksikan fakta yang lebih akurat

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again