11 February 2015

by Glenn Kaonang

Menyulap Wadah Cairan Apapun Menjadi Teko Elektrik dengan Miito

Usai mandi, apa hal pertama yang Anda lakukan di pagi hari? Memanggang roti untuk sarapan? Memanaskan air untuk menyeduh kopi nikmat sebagai pendamping roti panggang tersebut? Saya kira dua kegiatan ini cukup umum dilakukan oleh masyarakat nusantara.

Tentu saja tidak ada yang salah dari dua kegiatan tersebut, hanya saja mungkin cara kita memanaskan air masih kurang efisien. Saat memanaskan air menggunakan teko elektrik, misalnya, seringkali kita mendapati tidak semua air di dalam teko tersebut terpakai habis – satu teko penuh hanya untuk satu cangkir teh.

Air yang tersisa memang bisa digunakan kembali nantinya, tetapi bagaimana dengan energi listrik yang terpakai untuk menghasilkan panas? Jelas tidak dapat Anda ambil kembali, bukan? Sebuah produk bernama Miito – bukan Mito merek smartphone lokal – rupanya ingin menawakan solusi atas masalah yang terkesan sepele ini.

 

Info menarik: Smarter Coffee, Coffee Maker Bagi Para Pemalas

 

Miito bukanlah sebuah teko elektrik, ia terdiri dari pelat induksi berdiameter 18 cm dan tongkat khusus berbahan logam – keduanya memiliki desain yang amat minimalis. Kombinasi ini dapat memanaskan cairan apapun – air, susu, kopi, kuah sup – dalam wadah apapun asalkan diameternya cukup besar untuk bisa menampung tongkat milik Miito.'

Memanaskan air menggunakan Miito sangat mudah. Anda hanya perlu menempatkan, misalnya, mug berisi air di atas pelat induksi Miito, lalu masukkan tongkat milik Mitto ke dalam mug tersebut. Pelat induksinya akan memanaskan tongkatnya, lalu tongkat tersebut akan memanaskan air di sekitarnya.

Yang menarik adalah bagaimana pelat induksi Miito mampu memanaskan hanya tongkatnya saja. Wadah cairan di atasnya sama sekali tidak terkena panas – dengan catatan wadah tersebut terbuat dari bahan non-logam, seperti porselen atau plastik.

Pengoperasian Miito juga tidak kalah sederhana dari cara kerjanya. Saat tongkatnya Anda angkat dari pelat dasarnya, maka Miito akan masuk ke mode ‘Standby’. Ketika wadah cairan Anda letakkan di atas pelat induksi dan tongkatnya Anda masukkan ke dalam wadah tersebut, barulah Miito akan bekerja. Memindahkan wadah cairan dan menempatkan tongkatnya kembali ke posisi semula akan mematikan perangkat secara otomatis.

 

Info menarik: Kompor Induksi Terbaru Samsung Dapat Menciptakan Api Virtual

 

Pihak pengembang Miito saat ini sudah memiliki prototipe yang fungsional, akan tetapi langkah selanjutnya yang dituju adalah kampanye penggalangan dana melalui situs crowdfunding. Harga jual Miito sendiri diperkirakan akan berkisar £80, atau sekitar Rp 1,55 juta.

Ke depannya, pihak pengembang Miito telah merencanakan fitur yang memungkinkan tongkat milik Miito untuk mendeteksi jenis cairan di sekitarnya. Tujuannya adalah, Miito dapat berhenti memanaskan secara otomatis ketika telah mencapai suhu optimal untuk berbagai jenis cairan, misalnya 40º C untuk bubur bayi atau 70º C untuk teh hijau.

Sumber: Miito via The Guardian.