29 December 2016

by Bambang Winarso

Messenger Versi Web Kedatangan Fitur Pencarian Teks

Fitur ini dapat digunakan dengan dua cara mudah

Selain rajin menghadirkan pembaruan untuk platform mobile, Facebook tampaknya mulai mengalihkan perhatiannya ke sektor desktop dengan memberikan fitur baru untuk Messenger versi web. Update fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari pesan tertentu di jendela obrolan dengan seseorang.

Fitur pencarian ini sebenarnya bukanlah fitur baru, ketika Messenger belum dipecah dari layanan utamanya, fitur ini sudah mejeng di sana selama beberapa tahun. Tapi saat dipisahkan, fitur yang sama hilang dari Messenger untuk beberapa saat. Baru sekarang fitur ini kembali dihadirkan untuk seluruh pengguna.

Untuk menggunakan fitur pencarian ini, pengguna dapat melakukan dengan dua cara.

Pertama, ketika mengakses Messenger dari web, pengguna dapat langsung menemukan sebuah kolom pencarian dengan label Search Messager di sisi kiri aplikasi. Dari sana pengguna dapat mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan pesan yang ingin dicari.

Kedua, fitur dapat dijumpai dengan cara mengklik ikon ā€œiā€ di sebelah kanan atas layar mereka. Dari sana akan dijumpai beberapa menu baru di sisi sebelah kanan salah satunya menu Search in Conversation. Ketika diklik, maka akan muncul lagi sebuah kolom pencarian tepat di atas layar utama Messenger. Dari sana, pengguna tinggal mengetikkan kata kunci yang dikehendaki.

Bagi pengguna yang mempunyai rekam percakapan super panjang dan penting, fitur ini tentu akan sangat membantu. Tapi sayang Facebook belum mau membeberkan apakah punya rencana untuk memboyong fitur yang sama ke platform Android dan iOS.

Sumber berita Venturebeat.