EntrepreneurInsights

Gabung Jadi Partner Meyer Food, Kesempatan untuk Punya Usaha dari Rumah Tanpa Modal

Meyer Food berikan kesempatan usaha tanpa modal dengan menjadi partner.

Memiliki usaha yang tidak perlu mengeluarkan modal adalah impian semua orang. Tapi, apakah mungkin? Meyer Food menjadikan impian tersebut mungkin dengan adanya program Partner Meyer Food.

Apa itu Partner Meyer Food? Benarkah partner tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun? Apakah ada benefit lainnya selain tidak perlu mengeluarkan modal? Simak informasi yang dibagikan oleh Refa Wisha Satrio selaku Sales Manager Meyer Food mengenai program Partner Meyer Food berikut ini.

Apa Itu Meyer Food?

 

 

Sebelum menjalin kerja sama sebagai partner, Anda tentu perlu mengenal terlebih dahulu apa itu Meyer Food.

Meyer Food adalah sebuah perusahaan aplikasi yang bergerak di penyediaan ayam potong. Meyer Food mulai aktif sejak bulan Oktober 2019 dengan tujuan awal untuk menyediakan ayam potong dengan kualitas bagus untuk masyarakat.

Tidak hanya itu, Meyer Food juga fokus pada pemberdayaan perempuan dengan mengadakan program kerja sama bernama Partner Meyer Food.

“Kami juga melakukan pemberdayaan, khususnya pemberdayaan perempuan, dengan membuka kesempatan untuk mereka menjadi partner Meyer Food,” ujar Refa.

Kriteria Menjadi Partner Meyer Food

Meskipun tujuan awal dibuatnya program Meyer Food adalah untuk memberdayakan perempuan, namun Meyer Food membuka kesempatan tersebut untuk siapa saja, asalkan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

"Kriteria untuk menjadi partner Meyer Food itu yang pertama harus jujur. Kedua, harus mau bekerja keras. Ketiga, siap untuk mengantar pesanan ke pelanggan," jelas Refa.

Meyer Food juga membuka tangan lebar-lebar bagi mereka yang sudah maupun belum memiliki usaha sebelumnya. Poin terpenting adalah calon partner mau untuk belajar dan bekerja keras.

"Kalau sudah punya usaha, sih, bagus karena sudah punya jaringan. Tapi kalau belum pun enggak apa-apa, kami bantu," lanjutnya.

Syarat Dokumen

Selain harus memenuhi kriteria di atas, Refa juga menyebutkan bahwa ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh calon partner jika ingin bekerja sama dengan Meyer Food, antara lain sebagai berikut:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Foto halaman pertama buku rekening (untuk keperluan pembayaran komisi)

Alur Pendaftaran Partner Meyer Food

Setelah memastikan calon partner sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan telah menyiapkan dokumen persyaratan, lalu apa langkah selanjutnya untuk bisa menjadi partner Meyer Food?

Refa menjelaskan bahwa langkah-langkah untuk mendaftar Partner Meyer Food sangatlah mudah. Calon partner hanya perlu mendaftar lewat website Meyer Food atau menghubungi pihak Meyer Food untuk kemudian bisa mendapatkan link pendaftaran.

Selain dengan mengisi form pendaftaran secara online, Meyer Food juga memberikan opsi pendaftaran secara offline dimana nantinya tim dari Meyer Food akan mendatangi lokasi calon partner untuk melakukan survey.

"Cukup hubungi kami saja, nanti akan kami kasih link pendaftaran atau nanti tim kami akan ke lokasi untuk sekalian survei. Tapi, biasanya kalau online kami juga tetap kirim tim ke sana untuk kumpulkan data dan biar bisa jelasin bagaimana proses kerjasamanya," kata Refa.

Bagaimana Sistem Kerja Sama dengan Meyer Food?

Meyer Food menerapkan kerja sama dengan sistem kontrak. Refa menjelaskan bahwa kontrak dengan partner akan di-review setiap tiga bulan. Jadi, setelah tiga bulan, tim Meyer Food akan mengulas apakah partner berhasil mencapai target-target yang telah ditentukan atau tidak. Jika tidak, Meyer Food bisa menentukan untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan partner.

“Kalau untuk kontrak itu kita per tiga bulan. Nah, jadi setiap tiga bulan itu kita review apakah partner bisa achieve target atau enggak.”

Cara Pemesanan Oleh Partner

Ketika berbicara mengenai sistem kerja Partner Meyer Food, Refa mengatakan bahwa Meyer Food menciptakan sebuah alur kerja yang simple agar tidak menyulitkan partner, yang mayoritas adalah ibu rumah tangga.

Apabila partner telah menyelesaikan proses pendaftaran kerja sama, selanjutnya partner bisa menggunakan aplikasi Meyer Food Partner atau menghubungi tim Meyer Food langsung untuk melakukan pemesanan produk dari Meyer Food.

 

 

Kemudian, pemesanan oleh partner Meyer Food menggunakan sistem PO (Pre-Order), dimana pengiriman produk akan dilakukan H+1 pemesanan.

"Sistem kerjasamanya itu PO ya. Jadi customerorder dulu ke partner, nanti partner pesan ke kami, bisa lewat aplikasi juga. H+1 pemesanan itu barang kita kirim. Nanti setelah barang sampai di partner, mereka kirim ke customer," jelas Refa.

Misalnya, jika pelanggan memesan kepada partner pada hari Senin, kemudian partner melakukan pemesanan kepada Meyer Food di hari yang sama, maka tim Meyer Food akan mengirimkan pesanan di hari Selasa. Lalu, partner bisa langsung meneruskan pesanan tersebut kepada pelanggan di hari yang sama.

Mengapa Harus Menjadi Partner Meyer Food?

Ketika ingin bekerja sama dengan suatu pihak, Anda tentu akan memikirkan apa benefit yang bisa Anda dapatkan sebagai partner. Dalam program Partner Meyer Food, Refa mengutarakan banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh partner, antara lain sebagai berikut.

Tanpa Modal

Seperti yang disebutkan pada bagian awal artikel, Meyer Food menawarkan program kerja sama dengan modal 0% atau gratis. Meyer Food tidak akan memungut biaya sepeserpun dari mulai pendaftaran hingga kerja sama berakhir.

“Enggak perlu keluar modal apa-apa. Semuanya gratis. Pendaftaran gratis. Untuk pemesanan di aplikasi juga kan pakai uang pembayaran dari customer. Jadi sama sekali enggak mengeluarkan apa-apa,” kata Refa.

Tidak Perlu Stok Barang

Karena menerapkan sistem pre-order, maka partner tidak perlu menyetok barang dengan rasa khawatir tidak terjual habis. Dengan tidak menyetok barang, partner juga tidak perlu menyediakan freezer untuk menyimpan produk ayam potong dari Meyer Food.

Bisa dari Rumah

Hingga saat ini, mayoritas partner Meyer Food adalah seorang ibu rumah tangga. Hal itu membuktikan bahwa menjadi partner Meyer Food memungkinkan untuk dilakukan dari rumah. Anda bisa menawarkan produk-produk Meyer Food ke kerabat-kerabat di sekitar lingkungan rumah. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu repot untuk mengirimkan produk ketika produk sudah ada pada Anda.

Cashback hingga Loyalti Poin

Selain tidak perlu mengeluarkan modal dan menyetok barang, Refa juga mengutarakan bahwa partner bisa mendapatkan keuntungan berupa cashback, gratis ongkir, bonus bulanan, hingga loyalti poin, yang semuanya akan masuk ke saldo di aplikasi partner.

“Benefit yang akan didapatkan partner antara lain ada cashback, free ongkir, bonus bulanan, dan loyalti poin. Free ongkirnya itu lebih ke penggantian ongkir dari kami ke partner.”

Pendampingan oleh Konsultan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Meyer Food terbuka dan akan membantu partner yang belum berpengalaman dalam usaha. Bantuan yang diberikan adalah berupa pendampingan oleh konsultan.

“Jadi, kita ada konsultan yang akan rutin cek ke tiap partner. Konsultannya itu kita bagi per wilayah,” ujar Refa,

Konsultan dari Meyer Food akan mengadakan kunjungan rutin ke tiap partner di wilayah tugasnya sebanyak satu kali dalam seminggu secara bergantian.

Jangkauan Wilayah Meyer Food

Meyer Food kini telah menjangkau empat kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Sukabumi. Kemudian, Meyer Food juga memiliki rencana untuk mulai melebarkan sayap ke Bandung di bulan Juni 2022.

Dengan begitu, Anda yang berdomisili di kota-kota di atas bisa menjalin kerja sama dengan Meyer Food untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Terakhir, Refa berharap bahwa dengan adanya program Partner Meyer Food, Meyer Food bisa terus berkontribusi dalam memberdayakan perempuan, terutama ibu rumah tangga, agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again