Game

MicroSD Wajib Dimiliki Jika Anda Ingin Menikmati Versi Digital L.A. Noire di Nintendo Switch

Alasannya simpel: kapasitas penyimpanan internal Switch tidak mencukupi.

L.A. Noire mungkin bukanlah franchise game terbesar Rockstar Games, namun ia merupakan salah satu permainan paling unik dan inovatif di era last-gen karena menghidangkan gameplay yang tak biasa: sebagai seorang detektif, Anda ditantang untuk memecahkan kasus dan menerka apakah saksi/tersangka berbicara jujur atau bohong dari mempelajari mimik wajah mereka.

Fans Rockstar sangat gembira ketika mendengar pengumuman bahwa L.A. Noire akan dihadirkan di console modern. Versi Xbox One X dan PS4 Pro game ini kabarnya siap menyajikan resolusi 4K; lalu edisi Switch-nya akan mendukung penuh sistem kendali berbasis gerakan di Joy-Con, serta dilengkapi fitur HD rumble dan input layar sentuh. Namun ada satu hal penting yang perlu diketahui pemilik Nintendo Switch sebelum membeli game ini.

Dilaporkan oleh Gamespot, kabarnya kita wajib menambahkan kartu microSD agar L.A. Noire dapat diunduh ke console hybrid Nintendo tersebut. Alasannya simpel: kapasitas penyimpanan internal Switch tidak mencukupi. Game membutuhkan ruang kosong sebesar 29Gb, tapi meskipun Switch mempunyai flash memory 32GB, 6,2GB dikhususkan untuk file-file sistem penting.

Alternatif lainnya adalah dengan membeli versi 'fisik' game ini. Namun kendalanya, medium distribusi berupa cartridge tersebut dijual lebih mahal dari digital  - seharga US$ 50 versus US$ 40. Dan bahkan jika Anda membeli edisi tersebut, permainan tetap harus mengunduh update day one sebesar 14GB, berisi 'data-data gameplay penting, sejumlah bug fix, dan beragam penyempurnaan'.

Sebagai perbandingan game lain di Switch, port permainan Doom di sana juga didistribusikan lewat cartridge 16GB. Meski begitu, medium tersebut hanya berisi mode campaign dan arcade. Agar bisa mengakses multiplayer, game perlu melakukan pengunduhan sebesar 9GB lagi. Saat ini belum diketahui berapa total kebutuhan storage Doom di sana.

Game-game first party sendiri umumnya tak memakan ruang penyimpanan terlalu besar. Contohnya: Super Mario Odyssey hanya mengonsumsi 5,2GB, Platoon 2 sebesar 3,1GB, lalu Arms cuma memerlukan 2,2GB. Biasanya, kebutuhan storage berbanding lurus dengan level resolusi dan kualitas visual, serta tentu saja dipengaruhi konten audio. Dari pengalaman saya, L.A. Noire memang menyimpan banyak sekali dialog dan musik.

L.A. Noire rencananya akan dirilis di Nintendo Switch berbarengan dengan versi Xbox One dan PlayStation 4-nya pada tanggal 14 November besok. Rockstar juga menyiapkan versi virtual reality-nya buat HTC Vive, diberi judul L.A. Noire: The VR Case Files.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter