1. Startup

Microsoft China luncurkan MSN Juku .. tampak familiar ..

Microsoft telah meluncurkan situs microblogging berbahasa China yang mereka klaim sebagai "inovasi lokal dari MSN China", bernama Juku. Di situs ini, pengguna bisa login dengan akun Live Messenger mereka, kemudian posting update sepanjang 140 karakter.

Nah sampe tanda titik barusan, gue rasa reaksi sebagian besar dari elo adalah "LOL WUT". Tapi kalo lo pikir layanan yang dimaksud itu adalah kloningannya Twitter, lo salah juga. Baca terus buat liat screenshotnya.

Pengguna bisa update statusnya, kemudian penyajian tampilannya akan berupa timeline dari kiri ke kanan, dan pengguna lain bisa komentar ke update kita dan akan tampil di bawah update kita. Juga ada sistem "bonus" yang nampaknya memberi poin setiap kita update maupun komentar.

Yak sekarang mari kita bersama-sama bilang

Buat yang belom nangkep juga, tampilan dan fitur yang dibuat oleh MSN tersebut sangat mirip, kalo ngga mau dibilang persis sama, dengan Plurk, layanan microblogging yang sempat nyaris populer di Indonesia sebelum akhirnya disalip oleh Twitter.

Oke oke kita bahas dulu siapa tau memang ada kelebihannya si Juku ini. Menurut PC World, karena layanan ini bakal mengaitkan diri dengan Live Messenger-nya MSN, update teman-teman kita di Live Messenger otomatis bakal keluar di timeline kita. Ngga jauh beda dengan kemampuan situs-situs lain yang bisa import contact juga sih. Sisanya tampak belum ada yang istimewa lagi tuh. Mungkin gue juga yang ngga bisa eksplor terlalu jauh secara bahasa yang dipakai juga ngga mudeng.

Anyway masih belum kelihatan apa strategi jangka panjang MSN China dalam membuat layanan seperti ini. Seperti yang kita ketahui, pemerintah China sangat menjaga ketat akses dan arus informasi internet di negara mereka. Mungkin dengan mengklaim ini sebagai karya lokal, mereka berharap bisa dapat dukungan pemerintah? Silakan komentar buat yang punya pendapat lainnya ya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again