Misc

Berkat Microsoft Cloud Clipboard, Copy-Paste Bisa Dilakukan Antar Perangkat Windows, Android dan iOS

Copy link alamat dari komputer, lalu paste langsung ke aplikasi Google Maps di ponsel

Dalam konferensi developer Microsoft Build tahun ini, Microsoft mengumumkan Windows 10 Fall Creators Update yang rencananya bakal dirilis pada musim semi nanti. Dari sejumlah fitur baru yang diungkap, satu yang sangat menarik perhatian adalah Cloud Clipboard.

Fitur ini memanfaatkan layanan Microsoft Graph yang memungkinkan sinkronisasi data antar perangkat sekaligus antar platform. Dalam kasus ini, data yang disinkronisasikan adalah clipboard, yang pada dasarnya merupakan deretan teks sekaligus tautan yang Anda salin dari perangkat Windows 10 dan siap di-paste ke perangkat lain.

Istimewanya, perangkat lain tersebut tidak harus menjalankan sistem operasi Windows 10. Android maupun iOS pun juga bisa, dengan bantuan aplikasi keyboard Swiftkey yang juga merupakan kepunyaan Microsoft. Microsoft pun juga berniat untuk mengintegrasikan fitur ini ke deretan aplikasi Office.

Contoh kegunaannya yang paling gampang adalah untuk mencari alamat. Cukup copy alamat yang tercantum pada email yang sedang Anda buka di komputer, lalu paste langsung ke aplikasi Google Maps di ponsel Android atau iOS Anda. Semuanya berlangsung tanpa proses khusus, cuma copy-paste seperti biasa namun dibantu oleh Swiftkey.

Dan karena ini merupakan clipboard berbasis cloud, Anda pun tetap bisa mengakses teks maupun link yang sudah Anda copy sebelumnya, bukan yang paling baru saja. Sederhananya, cara kerja Microsoft Cloud Clipboard ini mirip seperti fitur Universal Clipboard yang Apple tawarkan untuk Mac dan iOS, bedanya ini tidak terbatas pada satu ekosistem perangkat saja.

Sumber: The Next Web dan The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter