1. DScovery

Microsoft Edge : Fitur, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan

Kegagalan Internet Explorer tak menghentikan Microsoft menciptakan pesaing bagi Google Chrome

Ketika berbicara mengenai layanan search engine barangkali yang muncul pertaa kali dibenakmu adalah Google Chrome dan Firefox. Namun sudahkah kamu tau bahwa kini telah lahir browser terbarui yang menjanjikan layanan lebih baik dari yang sudah ada, bernama Microsoft Edge.

Microsoft Edge merupakan browser yang diluncurkan Microsoft menggantikan Internet Explorer setelah dicap gagal memberikan fungsionalitas dan pengalaman baik bagi penggunanya.

Microsoft Edge adalah awal dari pembaruan dan kemajuan teknologi browser yang dikembangkan oleh Microsoft. Dalam hal fitur dan ekstensi, ekstensi Google Chrome mendukung Microsoft Edge karena Microsoft Edge adalah browser yang dikembangkan di Chromium.

Apa itu Microsoft Edge?

Microsoft Edge adalah browser yang dikembangkan oleh Microsoft berbasis Chromium dengan kode Project Spartan  dan dirilis pada Januari 2020. Microsoft Edge adalah bagian dari dan menggantikan Internet Explorer di Windows 10 sebagai browser default. Microsoft Edge dirancang untuk menjadi browser web ringan dengan antarmuka pengguna yang sesuai dengan standar web.

Dalam pernyataan itu, Microsoft menghapus dukungan untuk teknologi lama seperti ActiveX, dukungan untuk ekstensi, dan integrasi penuh dengan produk Microsoft lainnya seperti Asisten Cortana dan OneDrive. Di masa mendatang, versi Microsoft Edge yang ditingkatkan juga akan menjadi browser default untuk Windows Phone 10. Microsoft Edge saat ini tersedia di platform iOS dan Android.

Spartan pertama kali tersedia di Windows 10 Technical Preview Build 10049 pada 30 Maret 2015. Dalam versi ini, "Spartan" masih menjadi bagian dari Internet Explorer 11. Microsoft Edge diresmikan pada Build Conference pada 29 April. 2015. Microsoft secara resmi meluncurkan Spartan sebagai Microsoft Edge. Untuk memberi tahu pengguna bahwa Microsoft Edge adalah browser web, logo dan mereknya mirip dengan Internet Explorer.

Fitur dan Manfaat Microsoft Edge

Terhubung dengan Cortana

Cortana adalah asisten pribadi berbasis Artificial Intelligence (AI)  yang dikembangkan oleh Microsoft yang membantu pengguna Windows 10 dalam banyak hal. Integrasi Cortana di Microsoft Edge memungkinkan pengguna untuk mencari apa pun tanpa mengetikkan kata kunci yang diperlukan.

Cortana terhubung ke mesin pencari Bing, sehingga pencarian apa pun yang kamu inginkan dilakukan dengan cepat dan instan melalui Bing. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengaktifkan fitur Cortana di seluruh sistem dan mengubah pengaturan Lanjutan ke Dapatkan Cortana untuk bantuan di Microsoft Edge.

Kostum Tampilan & Tema

Selain mengkonfigurasi dengan fitur Cortana, pengguna juga dapat menyesuaikan tampilan dan tema Microsoft Edge. Pengguna dapat mengubah tampilan dari halaman beranda Microsoft Edge "Halaman Pengaturan". Microsoft Edge sekarang menawarkan tampilan gelap dan terang.

Microsoft dapat menambahkan gaya lain untuk membuat pilihan tema lebih beragam. Halaman depan dan tab baru juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan penampilan mereka dengan pilihan fokus, inspirasi, dan informasi, dan bahkan membuat kostum dengan beberapa bagian sesuai dengan minat dan preferensi mereka.

Koleksi & Catatan

Microsoft Edge juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan koleksi ke halaman web. Untuk melakukan ini, pengguna dapat mengklik tombol Koleksi di bagian atas dan menambahkan halaman yang mereka inginkan. Pengguna juga dapat menambahkan catatan kecil dan berbagi halaman di Microsoft 365.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan catatan ke halaman yang dipilih seperti mencoret-coret di cat, mengedit, membuka di tab baru, InPrivate, dll.

Mode Baca

Microsoft Edge juga menyediakan fitur mode membaca untuk memudahkan pengguna membaca artikel. Pengguna dapat menggunakan mode baca dengan mengklik Immersive Reader atau tombol F9 di sebelah URL. Menariknya, pengguna juga bisa menggunakan fitur read aloud (audio).

Fungsi read aloud adalah fungsi untuk membaca artikel dengan lantang dalam mode suara. Pengguna tidak perlu membaca artikel, mereka hanya mendengarkan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur ukuran teks, spasi, dan warna latar belakang menggunakan fitur pengaturan teks. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan mode membaca sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka.

Kelebihan Microsoft Edge

  • Lebih ringan.

Microsoft Edge dikembangkan dengan tujuan menjadi browser yang lebih ringan dan lebih mumpuni dibandingkan browser lainnya. Microsoft Edge didasarkan pada Chromium dan saat ini merupakan browser yang lebih ringan (menggunakan lebih sedikit memori dan baterai) daripada Google Chrome dan Firefox.

  • Integrasi dengan produk Microsoft.

Microsoft berusaha untuk mengintegrasikan semua produk satu sama lain. Melalui Microsoft Edge, pengguna dapat menggunakan produk Microsoft berbasis cloud seperti Microsoft 365, Cortana, dan ekstensi pihak ketiga.

  • Tampilan yang lebih menarik.

Sekilas, Microsoft Edge terlihat seperti Google Chrome. Namun, Microsoft Edge telah menambahkan beberapa fitur untuk menyesuaikan tampilan dan desain agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

  • Fungsionalitas yang lebih baik.

Microsoft Edge memaksimalkan fungsionalitas dan produktivitas. Pengguna dapat menikmati beberapa fitur hebat yang tidak tersedia di browser lain seperti: B. Daftar Bacaan, Catatan, Pembaca Immersive, Cortana, dan banyak lagi.

  • Dukungan pengembang.

Microsoft Edge dirancang untuk memudahkan pengembang mengembangkan aplikasi dan web. Alat pengembang memiliki berbagai macam fitur yang lebih lengkap daripada browser lain. Salah satunya adalah 3D View, yang menunjukkan seperti apa tampilan halaman web dalam mode 3D.

Kekurangan Microsoft Edge

  • Belum mendukung bagi dibawah Windows 10.

Sayangnya, Microsoft Edge tidak sepenuhnya mendukung Windows 10 dan versi sebelumnya, termasuk Windows 8.1, 8, dan 7. Pengguna Windows 7 dan 8 masih bisa menggunakan Microsoft Edge, tetapi fungsinya tidak sebagus Windows 10.

  • Mengakses produk Google lebih baik lagi dengan Google Chrome.

Jika kamu menginginkan akses ke produk Google seperti Google Documents, Google Meet, dan Google Drive, menggunakan Google Chrome masih jadi pilihan terbaik.

  • Ekstensi masih dalam versi beta.

Pengaya Microsoft Edge saat ini masih dalam status beta. Namun, di masa depan, ekstensi Microsoft Edge diprediksi akan menjadi pilihan terbaik karena terintegrasi dengan ekstensi untuk browser lain seperti Firefox dan Google Chrome.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again