Categories

Mobile

Smartwatch dari Microsoft Akan Segera Hadir?

Oki Rosgani - 21 October 2014

Seperti yang pernah kami kabarkan sebelumnya, bahwa Microsoft telah memiliki rencana untuk merilis perangkat wearable tahun ini, dan sepertinya rumor itu benar.

Informasi baru yang beredar menyebutkan bahwa perusahaan yang berbasis di Redmond itu telah bersiap untuk merilis jam tangan pintar atau smartwatch dalam waktu dekat.

Dikutip dari situs CNet, Microsoft kemungkinan besar akan segera merilis jam tangan pintar tersebut dalam beberapa minggu mendatang. Perangkat tersebut tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu dan mengirim notifikasi dari perangkat smartphone, namun akan juga memiliki fungsi sebagai perangkat untuk memeriksa kesehatan penggunanya.

Walaupun perangkat tersebut dibuat oleh Microsoft, yang kita tahu memiliki sistem operasi Windows dan Windows Phone, namun perangkat jam tangan pintar besutannya itu dikabarkan dapat dipasangkan dengan platform lain seperti Apple iOS dan Google Android. Kabarnya smartphone ini juga akan memiliki kemampuan untuk digunakan selama dua hari dalam sekali pengisian ulang.

 

Info menarik: 3 Langkah Huawei Taklukkan Pasar Indonesia

 

Perangkat wearable saat ini memang menjadi tren, sebelum Apple memperkenalkan Apple Watch beberapa produsen telah giat merilis produk jam tangan pintarnya masing-masing, sebut saja seperti Samsung, LG, Motorola, pasar smartwatch juga semakin menarik setelah Android merilis platform Android Wear yang dikhususkan untuk perangkat wearable seperti jam tangan pintar.

Hal ini yang mungkin menarik minat Microsoft untuk kembali merilis perangkat jam tangan pintar, padahal jauh sebelum pasar mengenal istilah "smartwatch" seperti saat ini, perusahaan yang saat itu masih dipimpin oleh Bill Gates pernah merilis jam tangan pintar yang disebut sebagai SPOT (Smart Personal Objects Technology).

Perangkat ini dirilis pada tahun 2008 hasil kerja sama dengan sejumlah vendor jam tangan seperti Fossil, Swatch dan Suunto. Namun, proyek tersebut telah kandas sebelum produk tersebut populer.

 

Info menarik: Enam Perguruan Tinggi Indonesia Peroleh Izin Selenggarakan Kuliah Online

 

Kabar bahwa Microsoft tengah menyiapkan smartwatch tidak lepas dari pemberitaan sebelumnya, perusahaan ini telah mengajukan dua buah paten terkait dengan fitur dan teknologi yang akan diterapkan pada perangkat smartwatch tersebut.

Paten pertama adalah teknologi yang bernama “Discreetly Displaying Contextually Relevant Information on a display device,” teknologi ini akan memungkinkan bagi sebuah perangkat smartwatch untuk memberikan notifikasi yang menginformasikan informasi lokasi GPS pada penggunanya.

Sedangkan paten lainnya disebut sebagai “Dynamic User Interfaces Adapted to Inferred User Contexts,” teknologi ini akan mendeteksi aktivitas pengguna dengan memanfaatkan fitur akselerometer saat pengguna duduk secara perlahan, melakukan jogging, mengendarai kendaraan dan mempresentasikannya dalam sebuah interface.

Sumber: CNet | Gambar Header: PCWorld.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter