1. Startup

Microsoft Innovation Center UGM Kembangkan Aplikasi Pengelolaan Sekolah EduRubric

Menggeser paradigma kesulitan dalam menyusun rapor menjadi sesuatu yang lebih produktif dan rendah risiko

EduRubric (Education Rubric) ialah aplikasi yang mengelola siswa, guru, pelajaran, dan kelas di atas platform SharePoint. Dikembangkan oleh Microsoft Innovation Center (MIC) UGM atas kerjasama dengan Microsoft Indonesia, EduRubric diharapkan mampu menggeser paradigma kesulitan dalam menyusun rapor menjadi sesuatu yang lebih produktif dan juga rendah resiko.

Pada dasarnya, pengurangan resiko kesalahan dan waktu proses yang menjadi nilau EduRubric merupakan contoh sederhana dari adopsi teknologi di lingkungan sekolah. Pihak pengembang menyadari tantangan menghadirkan konsep digital juga mampu menambah kepercayaan diri guru sebagai metode pembelajaran alternatif.

Berbasiskan Office 365 dari Microsoft, sekolah akan tidak hanya mengimplementasikan email saja, tetapi juga media penyimpanan online tak terbatas, dan Microsoft Office online yang memungkinkan guru dan siswa dapat bekerja di mana saja selama memiliki akses Internet. Office 365 turut memiliki fasilitas portal SharePoint Online yang dapat diberdayakan sebagai tata kelola dokumen sebagai basis data yang terintegrasi.

Dalam percobaan awalnya, MIC UGM menerapkan EduRubric di tiga sekolah yakni SMP 12 Yogyakarta, SMA 2 Playen Gunung Kidul, dan SMP 1 Sedayu, Bantul guna merumuskan bagaimana sebuah proses pengisian rapor dari beberapa kondisi sekolah yang dapat dievaluasi untuk mengetahui kebutuhan yang beragam.

Menurut Dr. Ridi Ferdiana selaku MIC UGM Research Advisor, sistemnya mengakomodir transisi yang tidak terlalu kentara antara dua buah kurikulum yakni kurikulum tahun 2006 dan kurikulum tahun 2013. Skema tersebut akan terjamin oleh EduRubric yang memindahkan satu model penilaian dengan penilaian yang lain dengan standar format data yang sudah umum digunakan seperti format Dapodik.

Office 365 dan EduRubric dapat diperoleh dengan berbagai macam paket mulai dari tanpa biaya. Bagi sekolah yang berminat dapat mendaftar secara online di http://mic.ms/office365forEdu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again