1. Lifestyle

Microsoft Perkenalkan Sistem Reputasi di Xbox One

Menikmati game multiplayer memang menyenangkan, baik bersama kawan ataupun untuk mencari teman baru. Namun akan berubah menyebalkan jika Anda bermain dengan individu-individu tak menyenangkan. Dengan sistem reputasi yang diperkenalkan oleh Microsoft di Xbox One, Anda akan mudah mengetahui mana user yang baik dan mana yang berperilaku buruk.

Sistem reputasi ini dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas komunitas Xbox Live, diadopsi dari fitur yang sudah ada di Xbox 360 untuk platform baru Microsoft.

Anda dapat melihat reputasi seseorang dari Gamercard mereka, dan penyampaiannya pun sangat sederhana. Skor reputasi ditunjukkan oleh warna: hijau untuk gamer yang baik, hijau muda dan kuning artinya mereka harus berusaha lebih baik lagi, serta jingga sebagai tanda 'jangan bermain dengan kami'.

Micheal Dunn sang program manager Xbox Live menjelaskan dengan detail apa keuntungan menjadi 'good player' dan kerugian jika terus berperilaku buruk. Untuk mendapatkan reputasi baik, Anda hanya perlu menikmati game Xbox secara online tanpa mendapatkan komplain dari pemain lain.

Untuk memastikan komplain tersebut benar, Xbox Live memiliki kemampuan algoritma yang mampu mengidentifikasi para pemain yang mengganggu kenyamanan.

Bagi mereka yang hampir tidak pernah mendapatkan keluhan, mereka akan tetap di zona hijau dan Microsoft berjanji, "Seperti yang kami bilang sebelumnya, kami memiliki rencana untuk memberikan hadiah bagi mereka yang berperilaku baik dan akan mengumumkannya dalam waktu ke depan."

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Menambah dan Mengatur Widget di Blogger.com

 

Jika ternyata Anda masuk ke zona tengah - dimana skor reputasi berwarna hijau kekuningan hingga kuning, Microsoft akan memberikan peringatan secara tertulis. Tujuannya adalah agar gamer memperbaiki cara mereka berkomunikasi, Microsoft meminta dengan sopan dan menyadarkan bahwa apa yang mereka lakukan atau katakan memiliki dampak bagi komunitas. Peringatan ini didasari dari data respon komunitas semenjak Xbox One diluncurkan.

Bagi mereka yang gagal memahami peringatan tersebut dan tetap sembrono dalam berinteraksi dengan sesama pemain, Microsoft sudah menyiapkan hukuman untuk mereka. Sedikit contoh hukuman ini - selain badge 'Avoid Me' yang cukup mempermalukan - ialah kemampuan matchmaking akan berjalan jauh lebih lambat serta tidak bisa mengakses fitur-fitur di Xbox Live seperti Twitch.

"Ingat, kami telah mendesain sebuah algoritma dimana Anda tidak akan mendapatkan penalti karena laporan yang mendiskreditkan dalam beberapa minggu bermain. Sistem ini juga dapat mendeteksi oknum yang sengaja membuat laporan palsu karena karena iri pada gamer yang memiliki kemampuan lebih dibanding mereka," jelas Dunn untuk meyakinkan gamer Xbox One.

"Tujuan utama kami adalah untuk memasangkan Anda dengan para gamer lain yang membuat multiplayer menjadi menyenangkan," tutup Michael Dunn. Menjaga ketertiban komunitas online memang sangat penting, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana memberi pengertian pada gamer bahwa berperilaku baik juga akan meningkatkan mutu ekosistem gaming.

Sumber: Xbox Wire.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again