Microsoft Rilis Aplikasi Catatan Ringan untuk Android, Parchi

Microsoft Rilis Aplikasi Catatan Ringan untuk Android, Parchi

Amplop.in
Amplop.in

Proyek pengembangan aplikasi Microsoft Garage lagi-lagi meramaikan toko aplikasi, Google Play Store, dengan melahirkan karya baru sebuah aplikasi catatan ringan yang diperuntukkan bagi perangkat Android.

Dinamai Parchi, aplikasi catatan ringan ini sudah bisa diunduh dari Play Store tapi belum tersedia untuk semua negara. Parchi sendiri sekedar informasi, diambil dari bahasa Hindi yang berarti secarik kertas untuk membuat catatan.

Seperti sudah disebutkan tadi, Parchi adalah aplikasi catatan ringan yang tidak membutuhan resource CPU yang besar saat dijalankan. Ukuran filenya sendiri hanya 3,6MB dan mempunyai fitur-fitur intuitif dan juga interface yang sangat mudah digunakan. Artinya, secara tidak langsung ia dirancang agar dapat bekerja dengan cepat, ringan, mulus di semua perangkat termasuk yang berspesifikasi rendah.

Info Menarik:Twist, Aplikasi Percakapan Foto dari Microsoft yang Ampuh Usir Galau

Parchi menawarkan sebuah alat pencatat yang dapat langsung digunakan dari lockscreen. Pengguna dapat memilih jenis catatan apakah berupa teks, list atau gambar. Untuk catatan yang bersifat penting, ada panel reminder yang dapat diaktifkan setiap saat untuk mencegah lupa di samping opsi Pin atau menyematkan catatan ke lockscreen agar dapat dilihat sewaktu-waktu.

parchi_4

Di saat catatan sudah terlalu banyak, tak perlu risau apabila membutuhkannya kembali. Pengembang sudah menambahkan fitur pencarian melalui tags, teks atau kriteria saringan lainnya. Atau jika Anda ingin membagikan catatan-catatan tersebut, sudah disiapkan fitur berbagi yang bisa dilakukan melalui WhatsApp, email, SMS dan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Info Menarik:Microsoft Snip, Aplikasi Screenshot Baru yang Berfitur Lengkap

Selebihnya, Parchi mendukung fitur pembagian berdasarkan grup dengan merapkan warna atau menandainya sebagai favorit. Lalu ada fitur backup dan tindakan pintar untuk setiap jenis catatan. Misalnya jika catatan berupa nomor ponsel, aplikasi akan menawarkan opsi memanggil atau menyimpan ke dalam kontak. Apabila catatan berupa tautan atau email, aplikasi akan menawarkan opsi menyimpan, menyalin atau membuat pesan email baru.

Dari apa yang dipaparkan oleh Microsoft di dalam lapaknya, dimana ternyata ada banyak fitur yang dipunyai oleh Parchi, rasanya sulit percaya bahwa ini hanyalah sebuah aplikasi catatan ringan biasa. Untuk membuktikannya, silahkan unduh sendiri dari Google Play Store sekarag juga.

Sumber berita ndtv.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…