1. Startup

Microsoft SkyDrive Sekarang Tersedia sebagai Aplikasi untuk Windows Phone dan iPhone

Jika Anda seorang penggemar Dropbox, box.net atau layanan penyimpanan online lainnya, Anda mungkin ingin memberi perhatian pada Microsoft. Microsoft merilis SkyDrive untuk iPhone dan Windows Phone pada hari Rabu kemarin. SkyDrive menyediakan bagi Anda penyimpanan online gratis sebesar  25 Gigabyte yang memungkinkan Anda untuk dapat menyimpan dan berbagi segala macam file digital yang Anda inginkan.

Pengguna Windows Phone telah memiliki SkyDrive yang terhubung dengan galeri foto dan aplikasi Office, namun layanan ini belum tersedia untuk keperluan lain kecuali sebagai penyimpanan email dari Windows Live. Pemilik Windows Phone sendiri secara otomatis menerima layanan SkyDrive pada saat mendaftar ke layanan Microsoft Live, yang dibutuhkan bagi setiap Windows Phone.

Apple menawarkan account gratis iCloud 5GB untuk setiap iPhone, iPod touch dan iPad, namun iCloud ini tidak termasuk layanan iDisk yang sebelumnya tersedia untuk pelanggan MobileMe. MobileMe dari Apple menawarkan penyimpanan 20GB dengan harga $99 per tahun, dapat di-upgrade dengan membeli tambahan ruang penyimpanan. Layanan iCloud sayangnya tidak tersedia sebagai layanan penyimpanan file seperti layaknya Dropbox dan SkyDrive.

Tidak seperti Dropbox, aplikasi SkyDrive memungkinkan Anda membuat dan menghapus folder langsung dari dalam aplikasi. Sayangnya, ini bukan merupakan fitur sync saat ini. Sebenarnya tidak sulit untuk memetakan sebuah folder di Windows untuk layanan SkyDrive, hanya perlu menginstalasi software tambahan walaupun kelihatannya Microsoft tengah mempersiapkan SkyDrive untuk Windows, Android, dan Mac. Ketika aplikasi ini akhirnya tiba untuk berbagai platform, barulah Anda akan melihat kompetisi serius untuk Dropbox dan box.net.

SkyDrive juga memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen dengan pengguna SkyDrive lainnya atau dengan cara lain, yaitu membagikan link untuk file yang ingin dibagikan. Jika Anda penguna Hotmail, Microsoft Messenger, Windows Live atau Xbox Live, Anda sudah secara otomatis memiliki SkyDrive.

SkyDrive untuk iPhone dan Windows Phone tersedia di masing-masing toko aplikasi - App Store dan Marketplace.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again