1. Lifestyle

Microsoft Snip, Aplikasi Screenshot Baru yang Berfitur Lengkap

Kalau Anda sering mengambil screenshot di PC, tentunya Anda tidak asing dengan Snipping Tool. Snipping Tool sendiri sudah ada sejak zaman Windows Vista, namun sampai sekarang aplikasi ini belum mendapatkan pembaruan yang berarti, bahkan di Windows 10 sekalipun.

Namun ada sedikit kejutan dari Microsoft. Ketimbang meng-update Snipping Tool, mereka lebih memilih memperkenalkan aplikasi baru yang berfitur lebih lengkap. Dinamai Microsoft Snip, aplikasi ini memungkinkan pengguna Windows untuk mengambil screenshot, lalu membuat coretan-coretan dan menambahkan audio ke dalamnya, mengubah screenshot tersebut menjadi sebuah video tutorial secara instan.

Usai di-install, Snip akan tampil dalam bentuk toolbar pada bagian atas layar. Anda bebas menempatkan toolbar ini di mana saja – di atas, di samping kiri atau di samping kanan – dan ia akan bersembunyi secara otomatis ketika sedang tidak digunakan. Ada tiga tombol utama pada Snip: Capture, Whiteboard dan Camera.

Info menarik: Bikin Presentasi Cantik dengan Sway, “Mainan” Baru Microsoft

Sesuai namanya, Capture berfungsi untuk mengambil screenshot pada layar. Menariknya, ketika cursor mouse Anda arahkan ke jendela aplikasi tertentu, Snip bisa mengambil screenshot pada jendela itu saja, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengepaskan cursor lagi.

Setelah screenshot diambil, Anda bisa merekam suara Anda selagi membuat coretan-coretan di atasnya, lalu menyimpannya dalam bentuk video MP4, baik secara lokal atau di server milik Microsoft. Jika Anda memilih menyimpannya di server Microsoft, maka Anda pun bisa membagikan tautan ke video tersebut.

Snip sendiri merupakan buah pemikiran Microsoft Garage, yang sejatinya sudah banyak menelurkan aplikasi menarik untuk berbagai perangkat. Meski masih dalam versi beta, Microsoft Snip saat ini sudah bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Sumber: The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again