23 January 2013

by Iqbal Farabi

Microsoft Surface Pro Mulai Dijual 9 Februari di Amerika Serikat dan Kanada

Melalui situs resminya, Microsoft akhirnya mengumumkan tanggal penjualan tablet Surface berbasiskan Windows 8 Pro atau yang lebih dikenal dengan nama Microsoft Surface Pro. Dalam pengumuman tersebut disebutkan bahwa Surface Pro akan dijual mulai tanggal 9 Februari di Amerika Serikat dan Kanada.

Surface Pro sendiri memliki spesifikasi yang setara dengan personal komputer high end. Surface Pro memiliki prosesor Intel Core i5, memori RAM sebesar 4 GB, dan kamera beresolusi 720p HD. Untuk kapasitas penyimpanan internal, terdapat dua versi. Versi 64 GB akan dijual dengan harga 899 dolar AS (sekitar 8,6 juta rupiah), sedangkan versi 128 GB dijual dengan harga 999 dolar (sekitar 9,6 juta rupiah). Selain itu, Surface Pro juga dilengkapi dengan stylus sebagai alat input.

Tablet Surface Pro ini jauh lebih mahal dari tablet Surface RT yang saat ini sudah beredar di pasaran. Salah satu kelebihan utama dari tablet Surface Pro adalah kemampuannya untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan di sistem operasi Windows 7. Kelebihan lainnya dibanding dengan Surace RT, Surface Pro memiliki resolusi layar yang lebih tinggi yakni 1920x1080 piksel, dibandingkan dengan 1366x768 pada Surface RT. Surface Pro juga sudah mendukung USB versi 3.0.

Penjualan tablet seri Surface sebelumnya sendiri terbilang tidak terlalu sukses. Berdasarkan laporan analis Brent Thill dari UBS, penjualan tablet Surface RT selama kuartal keempat tahun 2012 hanya sebesar 1 juta unit, hanya setengah dari estimasi yang dibuat di awal rilisnya. Sementara, seperti dilansir oleh CNET, IHS iSuppli memprediksikan angka penjualan Surface RT pada kuartal keempat 2012 sedikit lebih besar yakni 1,3 juta unit. Mampukah Surface Pro membalik peruntungan Microsoft di pasar tablet?