1. DScovery

Microsoft Teams: Pengertian, Sejarah dan Cara Menggunakannya

Microsoft Teams adalah platform kolaborasi berbasis obrolan berfitur lengkap

Di era sekarang saat teknologi semakin dimutakhirkan, dunia bisnis modern terus dibanjiri platform kolaborasi baru berusaha untuk menjadi yang terbaik. Tentu saja, ada banyak pilihan untuk dipilih. Salah satu solusi terbaik untuk produktivitas tim adalah Microsoft Teams.

Microsoft Teams adalah platform kolaborasi berbasis obrolan berfitur lengkap yang dapat mendukung berbagi dokumen, rapat online, dan banyak fitur yang sangat berguna untuk komunikasi bisnis.

Ruang tim yang hebat adalah kunci untuk membuat keputusan kreatif dan berkomunikasi secara efektif satu sama lain. Platform ruang kerja bersama ini membuat segalanya lebih mudah, terutama jika tim yang dimaksud berbasis di perusahaan yang sangat besar, memiliki banyak pekerja jarak jauh, atau terdiri dari banyak anggota tim profesional, dapat dicapai dengan lebih mudah.

Sebelum melihat manfaatnya, berikut sejarah lahirnya Microsoft Teams

Sejarah Microsoft Teams

Microsoft Teams diumumkan pada sebuah acara di New York pada 14 Maret 2017. Aplikasi ini dikembangkan dalam hackathon internal, yang saat ini dipimpin oleh Brian MacDonald, wakil presiden perusahaan di Microsoft.

Sejarah Microsoft Teams didirikan pada tanggal 4 Maret 2016, dengan Microsoft mempertimbangkan tawaran sebesar Rp 8 miliar USD atau Rupiah. 111.954.2440.000.000,00 untuk Slack. Namun akhirnya, pada 2 November 2016, Microsoft mengumumkan bahwa Teams akan menjadi pesaing Slack.

Menurut Qi Lu, wakil presiden eksekutif Microsoft, aplikasi dan layanan adalah kekuatan pendorong di balik akuisisi Microsoft atas Slack. Selain itu, Slack memasang iklan di The New York Times yang mengatakan siap bersaing dengan siapa saja. Pada titik ini, 28 perusahaan Fortune 100 sudah menggunakan Slack, tetapi The Verge menulis bahwa 28 perusahaan dapat pindah ke Teams karena fungsinya hampir sama, terlebih integrasi Office 365 tidak mengeluarkan biaya untuk berlangganan.

ZDNet kemudian melaporkan bahwa Teams tidak akan pernah bersaing dengan Slack. Karena Teams tidak mengizinkan akun yang tidak terdaftar di platform pada saat itu, pekerja lepas dan UKM kemungkinan akan terus menggunakan Slack. Microsoft kemudian mengizinkan akun yang tidak berlangganan untuk masuk ke platform Teams. Slack telah merespons dengan memperdalam integrasinya dengan layanan Google.

Pada tanggal 3 Mei 2017, Microsoft mengumumkan bahwa Microsoft Teams akan menggantikan Microsoft Classroom di Office 365 Education, sebelumnya dikenal sebagai Office 365 for Education. Sejak 7 September 2017, pengguna telah menerima pesan "Skype for Business sekarang menjadi Microsoft Teams." Dan itu dikonfirmasi pada konferensi tahunan Microsoft pada 25 September 2017.

Pada 12 Juli 2018, Microsoft Teams merilis gratis versi bahasa Indonesia yang telah lama ditunggu-tunggu, yang menawarkan sebagian besar opsi komunikasi secara gratis, tetapi kekurangannya adalah terbatasnya jumlah akun yang dapat kamu ikuti dan kapasitas penyimpanan file Teams.

Kemudian Januari 2019, Microsoft merilis pembaruan yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas Microsoft Teams di berbagai komputer ritel. Lalu Juli 2019, Microsoft mengumumkan bahwa ada 13 juta pengguna aktif Microsoft Teams.

Namun, per 19 November 2019, Microsoft Teams telah berkembang menjadi 20 juta pengguna aktif. Juga diumumkan kemarin adalah penambahan fitur "walkie-talkie" yang akan memungkinkan pengguna untuk saling mengirim pesan suara di awal tahun 2020.

Microsoft juga mengumumkan bahwa 44 juta pengguna menggunakan Microsoft Teams setiap hari, sebagian karena pandemi virus corona 2019-2020.

Fitur pada Microsoft Teams

Obrolan

Aplikasi Microsoft Teams berfokus pada obrolan. Pengguna dapat mengirim GIF standar, stiker, emoji, dan teks melalui obrolan pribadi atau grup. Riwayat obrolan disimpan untuk saluran bersama, sehingga kamu dapat menggunakan saluran sebagai ringkasan untuk merekam durasi rapat dengan cepat, mendokumentasikan perubahan, menambahkan anggota tim baru, dan banyak lagi.

Panggilan suara dan video

Obrolan grup bisa menjadi sangat rumit sehingga kamu perlu berkomunikasi secara sinkron untuk memastikan semua orang berada di halaman yang sama. Aplikasi Microsoft Teams memungkinkan kamu beralih dengan cepat dari obrolan grup ke rapat suara atau video. Konferensi video menawarkan fitur standar seperti catatan rapat, berbagi layar, rekaman rapat, dan pesan instan.

Meeting space

Tab Meeting memungkinkan kamu mengambil jadwal rapat dari Outlook. Kamu juga dapat menjadwalkan rapat baru di aplikasi Microsoft Teams. Outlook juga akan mengirim notifikasi tentang jadwal ini. Jika kamu ingin menjadwalkan rapat lain dengan pengguna eksternal, kamu dapat mengundang orang dari luar organisasi dengan memasukkan alamat email mereka saat membuat rapat baru di Microsoft Teams.

File

File memungkinkan kamu dengan cepat menemukan dan menampilkan file di OneNote, OneDrive, dan Microsoft Teams (disimpan di situs SharePoint). Ada juga tab ‘Terbaru’ yang sangat berguna yang memberi kamu akses cepat ke pintasan ke dokumen dan unduhan terbaru yang sedang Anda kerjakan.

Live event

Dengan Microsoft Teams, kamu bahkan dapat memperpanjang rapat. Aplikasi Microsoft Teams memungkinkan kamu menyelenggarakan rapat secara langsung. Konferensi besar, webinar, acara di seluruh perusahaan, presentasi, dan lainnya hingga 10.000 peserta, baik secara internal maupun eksternal. Siarkan siaran langsung dengan berbagi konten dari desktop atau webcamu. Kamu juga dapat terhubung ke kamera profesional dan berbagai sumber konten untuk acara penting.

Konektivitas ke perangkat lain

Kemampuan aplikasi Microsoft Teams untuk berintegrasi dengan perangkat lain seperti smartphone, tablet, kamera, dan periferal seperti speaker dan headphone. Fitur ini dapat meningkatkan efisiensi untuk organisasi dengan tim yang sangat mobile sambil menjaga keamanan untuk kelancaran operasi bisnis.

Microsoft Teams memiliki banyak fitur sederhana yang dapat membuat pengembangan tim dan bisnis lebih proaktif. Microsoft serius membuat produk yang memenuhi kebutuhan pengguna. Nah, itulah info singkat tentang Microsoft Teams dan fitur utamanya.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again