1. Startup

Microsoft Umumkan Finalis Imagine Cup 2013 Indonesia

Imagine Cup 2013, ajang kompetisi teknologi bagi para pelajar yang digelar Microsoft Indonesia kini memasuki babak final. Tiga tim terbaik dari kategori Games, Innovation, dan World Citizenship bertarung pada final yang diselenggarakan pada 12 April 2013 mendatang. Selanjutnya, tim yang keluar sebagai pemenang akan mendapat kehormatan mewakili Indonesia, bergabung dengan pemenang dari negara lain untuk berkompetisi di Worldwide Finals pada Juli mendatang di St. Petersburg, Rusia.

Untuk terpilih menjadi finalis, tentu bukanlah perkara yang gampang. Karena mereka harus mengikuti beberapa tahapan yang diikuti oleh ratusan tim. Proses seleksi menggunakan kriteria penilaian yang mengacu pada standar tingkat dunia. Untuk Games kriterianya Fun (40 persen), Execution (30 persen), Innovation (20 persen), dan Business Viability (10 persen). Pada Innovation, kriterianya Innovation (45 persen), Impact (30 persen), dan Execution (25 persen). Sedangkan World Citizenship mencakup Impact (50 persen), Feasibility (30 persen), dan Execution (20 persen).

Risman Adnan, Direktur Developer and Platform Group Microsoft Indonesia, dalam siaran persnya mengatakan sampai batas akhir pendaftaran 15 Maret 2013 lalu, tercatat 1.077 mahasiswa dari 299 tim telah mendaftar, namun yang lolos seleksi sebanyak 725 mahasiswa dari 210 tim yang terbagi dalam tiga kategori. Selanjutnya terpilih 15 tim semi finalis yang kemudian tersaring lagi menjadi 9 finalis. Demografi peserta yang mengikuti kompetisi bisa dilihat dari infografis yang dibuat Microsoft di bawah ini.

Yang menarik, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Microsoft Imagine cup 2013 mempunyai dua jenis final yaitu Local Final dan Online Final. Local Final adalah kompetisi lokal yang diselenggarakan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sedangkan Online Final bersifat global sehingga bebas diikuti oleh peserta dari manapun. Nah, tim yang gagal menjadi finalis di kompetisi lokal, masih berpeluang untuk mengikuti kompetisi online. Pemenang di kompetisi online juga akan bertandang ke Rusia sekaligus mendapat kesempatan meraih Grand Prize Rp 500 juta.

Menurut Risman, Imagine Cup 2013 merupakan langkah awal bagi para entrepreneur, desainer, pengembang ataupun inovator untuk mengembangkan skill. Di ajang ini, para innovator muda mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan hard skill dan soft skill, memperoleh pengalaman pengembangan aplikasi yang mendalam, membangun awal karir dan mempersiapkan diri memasuki dunia usaha. Pihaknya berharap kompetisi teknologi ini dapat menginspirasi pelajar Indonesia untuk mau berkolaborasi dan menciptakan aplikasi-aplikasi menarik. Karena kunci utama untuk menjadi tim Imagine Cup yang sukses adalah kolaborasi masing-masing peserta yang handal di bidangnya.

Daftar finalis Imagine Cup 2013 Indonesia adalah sebagai berikut:

Kategori Games

Nama TimProyekDeskripsiPerguruan Tinggi
Solite StudioSave The HamsterMenyelamatkan Hamster sambil belajar matematikaUniversitas Trunojoyo, Madura
TimeWizTime SkateTerbang melalui rintangan dan memanfaatkan kekuatan pengguna untuk mengontrol kecepatan waktuInstitut Teknologi Bandung
Wonderworks StudioNiew’s TaleMembantu kucing untuk menjadi bintang rumahInstitut Teknologi Bandung

 

Kategori Innovation

Nama TimProyekDeskripsiPerguruan Tinggi
BingwaGreenAidDengan aplikasi media sosial berbasis mobile, pengguna bisa bersenang-senang sambil menyelamatkan bumiUniversitas Gadjah Mada, Yogyakarta
ImaginerVofuseBermain game sambil berolahraga dengan aplikasi Windows Phone, yang mendeteksi gerakan tubuh Anda untuk mengontrol permainanInstitut Teknologi Bandung
NamasteKIDEAAplikasi berbasis Kinect yang membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus untuk belajarInstitut Teknologi Telkom, Bandung

 

Kategori World Citizenship

Nama TimProyekDeskripsiPerguruan Tinggi
Matrix PhosporenceSmokers NannyKombinasi dari aplikasi mobile dan perangkat pergelangan tangan yang dapat membantu pengguna berhenti merokokInstitut Teknologi Bandung
NextIn FuturaMosistSistem terapi berbasis Kinect untuk penderita strokeUniversitas Gadjah Mada, Yogyakarta
VEOAhadaSistem terapi berbasis Kinect untuk anak-anak dengan kebutuhan khususSekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM, Yogyakarta
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again