Categories

Berita

Microsoft Umumkan Sembilan Finalis yang Bersaing di Final Imagine Cup Hari Ini

Pemenang akan diumumkan di hari yang sama pukul 10 malam nanti

Adjie Priambada - 26 March 2015

Bertempat di Restoran Seribu Rasa, Gandaria City, Jakarta Selatan, hari ini (26/3) Microsoft Indonesia mengumumkan sembilan finalis yang terpilih untuk beraksi di tahap final Imagine Cup 2015. Selanjutnya, pihak Microsoft akan menentukan tiga tim developer terbaik untuk mewakili Indonesia di babak semifinal tingkat internasional. Tiga tim yang terpilih akan bertanding langsung dengan mahasiswa dari negara-negara lain di tingkat final dunia yang diadakan di Seattle, Amerika Serikat bulan Juli 2015 nanti.

Sejak dibukanya pendaftaran kompetisi Imagine Cup 2015 dua bulan lalu, Microsoft telah berhasil mengumpulkan 99 proyek yang berasal dari para pelajar Indonesia. Setelah melalui seleksi yang ketat dari Microsoft sejak awal video submission hingga babak semifinal, akhirnya terpilihkan sembilan tim yang berhasil menjadi finalis Imagine Cup 2015 untuk beraksi di final. Siapa saja finalisnya? Berikut ini daftar lengkapnya.

Kategori World Citizenship

  • ALIX dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung dengan aplikasi Bantu Anak Asuh
  • The Combine dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan aplikasi Alis
  • Trios dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan aplikasi Desila

Kategori Innovation

  • Bananas Technology dari UGM dengan aplikasi Pro Mayor
  • Dodo Project dari UNIKOM Bandung dengan aplikasi Dodo Kids Browser
  • Watchman dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan aplikasi Watchman-nya

Kategori Games

  • Silverpoint dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta dengan aplikasi TransPathTation
  • UpSee Studio dari Universitas Telkom, Bandung dengan aplikasi Landed On Stage
  • Urban Studio dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Bangkalan dengan aplikasi Help Me Up

Selain kedatangan USAID sebagai mitra lembaga berperan langsung mendampingi sekaligus menyajikan tema dan pokok permasalahan nyata untuk tema pengembangan produk solusi teknologi dari peserta, tahun ini mereka juga menggandeng Telkom. Telkom memberi dukungan sebagai partner yang memfasilitasi infrastruktur teknologi yang diperlukan dalam kompetisi ini.

Menariknya, pihak Microsoft menyatakan bahwa kompetisi Imagine Cup tahun 2015 ini cukup unik karena tidak didominasi oleh universitas tertentu seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi di Indonesia semakin merata dan juga menunjukan meningkatnya antusiame pelajar Indonesia untuk menjadi developer.

Technical Evangelist dan Program Manager Imagine Cup 2015 Microsoft Indonesia Irving Hutagalung mengatakan, "Ini pertama kalinya kompetisi Imagine Cup Indonesia tak didominasi oleh universitas tertentu. Ini menunjukkan semakin banyak mahasiswa Indonesia yang tertarik untuk jadi developer."

Tahap final Imagine Cup Indonesia 2015 ini dimulai pada pukul 13.00 siang tadi bertempat di Main Atrium Gandaria City, Jakarta. Selain memperebutkan posisi untuk mewakili Indonesia di ajang internasional, pemenang dari kompetisi Innovation dan Games akan mendapatkan hadiah total sebesar 50 juta rupiah dan total 100 juta rupiah bagi pemenang kompetisi World Citizenship. Pengumuman pemenang Imagine Cup 2015 akan diumumkan di hari yang sama malam ini, tepatnya pada pukul 22.00 malam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter