1. Startup

Millenial Media: BlackBerry Masih Jadi Platform Smartphone Paling Populer di Indonesia

Jaringan periklanan mobile Millenial Media merilis laporan Mobile Mix yang berisi tentang impresi iklan berbagai platform smartphone di negara-negara Asia. Seperti diprediksikan, sepanjang tahun 2012 secara total Samsung memimpin dengan impresi 32%. Meskipun demikian, Apple dengan iPhone-nya masih memegang impresi tertinggi untuk satu produk dengan 14%. Anomali terjadi di Indonesia, ketika BlackBerry tetap paling unggul dibanding platform smartphone lainnya.

Seperti dilaporkan oleh Campaign Asia, BlackBerry mencatat angka impresi 28% di tahun 2012 atau malah naik ketimbang pencapaian 24% di tahun 2011. Dari dua puluh device yang berada di dalam daftar, sembilan di antaranya merupakan model-model produk BlackBerry. Sebagai perbandingan, di kawasan Asia Pasifik BlackBerry hanya mencatat pencapaian impresi 6%.

Tentu saja pencapaian BlackBerry di Indonesia ini cukup mencengangkan, mengingat betapa pesatnya pertumbuhan Android di negara ini setahun terakhir. Sayangnya kami belum memiliki data lengkap tentang Indonesia dan bagaimana perkembangan Android di periode 2011-2012. Tahun 2013 tentunya menjadi ajang menarik bagi BlackBerry dan Android, di mana BlackBerry sudah move on ke platform BlackBerry 10 sementara Android semakin memperkuat hegemoninya di tanah air.

Di Asia sendiri Millenial Media merilis data tentang Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Australia, India, Cina, Hong Kong, Taiwan, Japan dan Korea Selatan. Yang mencolok di data konsumen Asia Pasifik ini adalah tingginya pertumbuhan kepemilikan tablet sepanjang tahun 2012. Tercatat pertumbuhannya mencapai 73%, dengan iPad dan berbagai tablet Samsung mendominasi kategori ini.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again