5 December 2016

by Glenn Kaonang

Minat Konsumen Menurun, Motorola Berhenti Kembangkan Smartwatch

Sampai batas waktu yang belum ditentukan

Awal tahun depan, besar kemungkinan akan ada sejumlah smartwatch baru yang diluncurkan, tepatnya tidak lama setelah Google merilis Android Wear 2.0 secara resmi. Pun demikian, Android Wear sepertinya bakal kehilangan salah satu pemain kuncinya, yaitu Motorola.

Moto 360 yang dirilis di tahun 2014 punya peran penting dalam perkembangan smartwatch, khususnya untuk platform Android Wear. Perangkat tersebut adalah smartwatch Android Wear pertama yang mengusung layar membulat, secara tidak langsung menjadi pelopor smartwatch dengan desain yang menyerupai jam tangan tradisional.

Setahun berikutnya, Moto 360 generasi kedua dirilis dengan pembaruan yang terbilang kurang signifikan. Namun sayang sepertinya kita tidak akan berjumpa dengan penerusnya, mengingat Lenovo baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menekan tombol pause untuk pengembangan kategori produk smartwatch sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Keputusan ini didasari oleh minat konsumen yang terus menurun terhadap smartwatch. Hal ini juga bisa dilihat dari meningkatnya popularitas smartwatchhybrid yang pada dasarnya merupakan jam tangan tradisional dengan kemampuan tracking dan notifikasi.

Motorola sendiri menilai bahwa teknologi perangkat wearable yang ada sekarang kurang bisa memotivasi mereka untuk terus mengembangkannya tahun demi tahun. Ke depannya, masih ada kemungkinan bagi mereka untuk menciptakan smartwatch baru di saat teknologinya sudah semakin matang, tapi tidak ada yang tahu itu kapan dan sepertinya tidak dalam waktu dekat.

Sumber: The Verge.