Mindtalk Tinggalkan Status Beta, Resmi Diluncurkan Hari Ini

Mindtalk Tinggalkan Status Beta, Resmi Diluncurkan Hari Ini

Screen Shot 2012-11-14 at 3.56.10 PM
Screen Shot 2012-11-14 at 3.56.10 PM

Setelah tersedia dalam versi beta, akhirnya layanan MindTalk hari ini dirilis secara resmi. Meski mungkin ada pembaca yang sudah mencoba versi baru dari MindTalk sejak pagi tadi, namun konferensi pers baru diadakan sore di Jakarta. Kini MindTalk telah meninggalkan status beta mereka dan siap untuk digunakan secara penuh oleh para pengguna lama serta baru mereka.

Sebelumnya Trenologi telah memberikan sedikit informasi tentang beberapa pembaruan yang bisa dinikmati di MindTalk, salah satunya adalah efek ‘fluid’ yang hadir di halaman muka serta tampilan stream konten ketika pengguna login. Pengguna juga mungkin sudah mencoba beberapa fasilitas baru yang tersedia di MindTalk. Selain halaman muka dan tampilan stream, beberapa pembaruan lain adalah dari tampilan serta cara pengguna berinteraksi termasuk cara mengakses konten yang ada di layanan ini.

MindTalk berfokus pada interest atau minat yang dipilih oleh pengguna, layanan ini memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengikuti minat yang telah ada, bergabung dan berinteraksi dengan pengguna lain atau membuat kumpulan artikel, foto serta informasi lain sesuai dengan minat yang diinginkan.

Pada halaman muka, pembaruan akan jelas terlihat, dimana ikon ‘brain’ khas MindTalk akan tampil d itengah halaman, di halaman ini pengguna bisa langsung login atau menikmati fasilitas pencarian ‘fluid’ dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian di ikon ‘brain’. Ikon ‘brain’ dari MindTalk akan bergeser secara ‘fluid’ ketika pengguna mengetikkan tombol enter, MindTalk kemudian akan menampilkan konten sesuai dengan kata kunci tersebut. Anda bisa langsung melihat dan menjelajah konten, atau mengklik ikon Mind untuk melakukan pencarian lain.

Ketika penguna mengklik foto atau gambar yang ada pada hasil pencarian, maka foto tersebut akan ‘keluar’ dari kotak untuk menampilkan foto dengan ukuran yang lebih besar, klik foto tersebut untuk mengembalikan pada kotaknya. Fitur ini juga bisa dinikmati ketika penguna telah login.

Ketika pengguna login, tampilan dari stream juga kini telah berubah menjadi kotak-kotak a la Pinterest, namun dengan efek fluid. Ketika pengguna mengklik tombol untuk meng-update konten, maka gambar dari konten baru tersebut akan bergeser dengan efek fluid, memberikan pengalaman pengunaan baru yang jauh berbeda dari versi sebelumnya.

Stream dari kotak-kotak konten ini juga bisa diatur untuk penampilannya, apakah hanya akan menampilkan untuk artikel saja, konten terbaru atau update status atau yang di MindTalk dinamankan ‘Mind’. MindTalk sekarang juga dilengkapi dengan keyboard shortcut. Tampilan konten dan proses memberikan komentar diperbaharui, konten atau foto akan ada di bagian tengah dan bagian kanan tempat untuk memberi komentar.

Selain beberapa fasilitas yang telah disebutkan di atas, untuk ke depannya MindTalk juga telah mempersiapkan beberapa fitur atau fasilitas yang menurut rencana akan diluncurkan, termasuk pembaruan di aplikasi iOS, ketersediaan aplikasi di Samsung Apps Store, serta fasilitas yang ditujukan untuk para pengembang. Selain itu, ikon MindTalk yang tampil di halaman awal menurut rencana juga akan ditampilkan sesuai tema yang sedang berlangsung, misalnya tahun baru atau event-event lain, lengkap dengan efek interaktifnya.

Seperti yang dituliskan di artikel sebelumnya, tampilan baru ini telah disiapkan lebih dari 6 bulan, selama itu MindTalk mengumpulkan umpan balik dari pengguna, menyiapkan inti layanan mereka, baru akhirnya kini tampilan dan berbagai fasilitas terbaru dihadirkan untuk umum.

MindTalk sendiri saat ini telah memiliki lebih dari 150.000 pengguna terdaftar dan sekitar 95.000 penguna aktif dengan jumlah pengguna perempuan yang lebih aktif sebanyak 70%. Bersamaan dengan acara peluncuran MindTalk ini, ada pula kegiatan Today’s Hero yang akan memberikan penghargaan pada para tokoh/orang Indonesia yang berprestasi.

MindTalk sendiri bisa diakses di MindTalk.com. Pengguna juga diberikan pilihan untuk mengakses MindTalk baru atau lama, tetapi sepertinya ini hanya dalam masa transisi untuk masa pengenalan. Dan jika Anda sudah mencoba versi terbaru dari MindTalk, mari tuliskan pendapat Anda tentang layanan ini pada kolom komentar.

*) MindTalk dan DailySocial berada di bawah perusahaan investasi yang sama dan DailySocial merupakan salah satu media partner acara Today’s Hero.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…