7 September 2016

by Glenn Kaonang

Mirip Mac Mini, HP Elite Slice Tawarkan Konsep Modular dengan Cara Tumpuk-Menumpuk

Modul tinggal ditumpuk satu sama lain untuk menambah fungsionalitas perangkat

Modular adalah kata kunci yang membuat PC jadi menarik. Kendati demikian, tidak semua orang bersedia direpotkan oleh PC rakitan. Bagi mereka, lebih baik membeli PC jadian dari sebuah brand ternama ketimbang harus pusing memasang optical drive sendiri di PC-nya.

Branded PC memang terbukti praktis, sayang modularitasnya jadi berkurang. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi HP Elite Slice. Dipamerkan di ajang IFA 2016, PC dengan wujud ala Mac Mini ini menawarkan konsep modular yang sangat unik, dimana perangkat tinggal ditumpuk satu sama lain untuk menambah fungsionalitas, mirip seperti yang ditawarkan Acer Revo Build.

Tiap-tiap modul yang tersambung ini memanfaatkan konektivitas USB-C. Semisal Anda tidak puas dengan kualitas audionya, tinggal tambahkan modul audio rancangan Bang & Olufsen di bawah Elite Slice, dan seketika juga Anda akan mendapatkan suara 360 derajat plus teknologi noise cancelling.

HP Elite Slice dengan semua modul tambahan yang tersambung / HP

Hal yang sama juga berlaku untuk optical drive, dimana modul bisa ditumpuk di bawah modul audio tadi, atau bisa juga sebaliknya. Semuanya tidak melibatkan kabel sama sekali mengingat pada masing-masing modul sudah terdapat konektor USB-C di atas dan port USB-C di bawah.

Elite Slice sendiri dibekali spesifikasi yang cukup beringas untuk ukurannya. Konfigurasi tertingginya mencakup prosesor Intel Core i7, RAM 8 GB DDR4 dan SSD sebesar 256 GB. Semua konektivitasnya tersimpan dengan rapi di belakang; meliputi HDMI, Ethernet, USB, USB-C maupun DIsplayPort.

Cover atas berupa panel kapasitif navigasi video call untuk HP Elite Slice / HP

Hal menarik lain dari Elite Slice adalah panel atas yang bisa dikustomisasi dengan komponen yang lebih fungsional semisal panel sentuh kapasitif untuk memudahkan navigasi selama proses video call. Penawaran lain berupa Wireless Charging Cover, dimana pengguna tinggal meletakkan smartphone di atas Elite Slice untuk mengisi ulang baterainya.

Rencananya HP Elite Slice akan dipasarkan mulai bulan September ini juga dengan harga $699 untuk konfigurasi terendahnya. Perlu diingat, kustomisasi panel penutup atasnya hanya bisa dilakukan selagi konsumen memesan barang.

Sumber: Pocket-lint dan Windows Blog.