Categories

Mobile

Mirrativ Ialah 'Twitch-nya' Gamer dan Pengguna Device Mobile

Yoga Wisesa - 2 September 2015

Menilai dari jangkauan platform dan pengguna, hampir tidak ada kompetisi antara aplikasi live stream mobile semisal Periscope dan layanan Twitch. Mungkin satu-satunya benang merah di sana hanyalah kemampuan streaming meski fokusnya jauh berbeda.  Menariknya, sebuah kompetitor tak terduga berpeluang mengusik ketenangan para developer ternama itu.

Anda mungkin sudah cukup akrab dengan DeNa. Perusahaan asal Jepang ini memang belum lama dikabarkan berkolaborasi bersama Nintendo dalam upaya menginvasi lini pasar game mobile. Namun ketika kita masih mencoba berasumsi seperti apa hasil kerjasama dua perusahaan itu, DeNa mengungkap sebuah kejutan bernama Mirrativ. Ia adalah sebuah app, memungkinkan kita melakukan live streaming dan broadcast konten smartphone.

Aspek paling istimewa dari Mirrativ adalah segi kompatibilitasnya. Streaming dapat diterapkan pada bermacam-macam konten tanpa batasan, apakah itu aplikasi biasa ataupun permainan. Melihat hal tersebut, bahkan baik Twitch maupun YouTube Gaming belum sanggup menandinginya. Dan seperti medium live stream yang sudah ada, pemirsa diperkenankan berinteraksi dengan broadcaster lewat komentar serta rating - tak jauh berbeda dari Meerkat dan Periscope.

Untuk segera live, kita cuma perlu men-tap layar tidak lebih dari tiga kali. Anda diberikan kendali atas orang-orang yang diperbolehkan menyaksikannya, contohnya teman dekat ataupun keluarga. Demi menjamin aspek ini, DeNa menyiapkan fitur private broadcast, di mana akses hanya bisa dilakukan melalui URL khusus. Di sisi user biasa, kita dibebaskan mem-follow siapapun, dan mendapatkan notifikasi ketika broadcaster memulai aktivitas streaming.

Info menarik: Saingi PlayStation Now, GameFly Hadirkan Layanan Streaming Game untuk Smart TV Samsung

Lalu dengan memanfaatkan kamera depan dan fitur picture-in-picture, viewer dapat menonton sembari melihat langsung wajah serta reaksi Anda. Seandainya tidak mau, tinggal dimatikan saja. Kapabilitas ini mengingatkan saya pada Xsplit Gamecaster, walaupun Mirrativ dikhususkan pada penyajian konten live. App memastikan adanya interaksi dua arah secara langsung.

Junichi Akagawa selaku produser DeNa berkomentar bahwa mereka ingin menyuguhkan platform untuk menopang kegiatan live streaming yang unik dan personal, serta sederhana buat pengguna. "Contohnya, seorang gamer mobile akan dimudahkan dalam berbagi tips dan trik permainan terbaru dengan para follower. Konsumen juga bisa mencari saran belanja sembari menjelajahi situs-situs e-commerce," tutur sang produser via Social Times.

Versi beta Mirrativ bisa Anda unduh sekarang untuk perangkat Android di Google Play. Rencananya, aplikasi juga akan diluncurkan di platform iOS.

Via Digital Spy.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter