1. Startup

MNC Play Media Fokus Buka Layanan di Tujuh Kota Besar Indonesia Tahun Ini

Medan, Malang, Bandung, dan Denpasar adalah kota yang masuk dalam radar MNC Play Media

MNC Play Media, salah satu produk grup MNC Media yang bergerak di penyediaan jaringan layanan internet dan IPTV semakin serius menggarap pertumbuhan pasarnya. Melalui infrastruktur Fiber To The Home (FTTH), MNC Play Media akan memfokuskan untuk membuka layanan hingga tujuh kota besar Indonesia untuk tahun ini, dari total 11 kota yang ditargetkan hingga 2016 nanti.

Direktur Komersial MNC Play Media Ade Tjandra mengungkapkan, "Tahun ini kita mau (buka di) Medan, Malang, Bandung yang sebentar lagi nih, dan kemungkinan di Denpasar, Bali. Tahun depan kita tambahin mungkin Batam, Palembang, Lampung, dan Bogor. Totalnya 11 kota, kalau Bogor dihitung kota sih. Tapi untuk tahun ini tujuh kota sudah cukup sampai di Denpasar, Bali."

"Plus, kemungkinan kalau kita mau masuk ke Kalimantan itu di Balikpapan. Kalau di Sulawesi tuh Makassar. Jogja dan Solo juga ada dalam radar kita, di tahun depan tapi," tambah Ade.

Layanan MNC Play Media sendiri telah tersedia di beberapa wilayah Surabaya yaitu di daerah Ngagel, Manyar, Nirwana, dan beberapa daerah Surabaya Timur lainnya semenjak grand launch mereka di Surabaya. Selain itu juga sudah mencakup wilayah Semarang Selatan (Banyumanik dan Tembalang) juga di area Semarang Timur (Klipang, juga sebagian Pedurungan).

Untuk daerah Jakarta, sejak soft launch, sudah mencakup daerah Jakarta Utara (Sunter dan Kelapa Gading), Jakarta Selatan (Kebayoran Baru, Cipete, Mampang Prapatan, dan Kemang), Jakarta Timur (Pulogadung), dan Jakarta Pusat (Kebon Sirih). Sedangkan untuk wilayah Jakarta Barat, Ade menjelaskan bahwa akan digarap pertengahan tahun ini.

Demi menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri fixed broadband, MNC Play media juga akan mengedepankan inovasi sebagai bentuk diferensiasi layanan. Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah dengan meluncurkan layanan OTT Multiscreen TV dan Interactive Set Top Box (STB) berbasis Android yang telah diuji dan diperkenalkan sejak Januari 2015 lalu.

Mengenai pembangun infrastruktur, MNC Play Media juga telah bekerja sama dengan Cisco untuk next generation network IP dan untuk sistem IPTV bekerja sama dengan ZTE. Sedangkan untuk distribusi FTTH, MNC Play Media bekerja sama dengan ZTE dan Huawei.

MNC Play Media sendiri kini tengah menjadi Internet Service Provider (ISP) yang tengah naik daun. Berdasarkan laporan Ookla Net Index, ditemukan informasi bahwa MNC Play Media dengan implementasi teknologi FTTH-nya berhasil menduduki posisi puncak dengan nilai kecepatan rata-rata unduhan mencapai 51,54 Mbps, lebih cepat dua kali lipat ketimbang posisi kedua dan ketiga.

Menurut Ade, pihaknya tak akan berhenti sampai di situ saja. Ke depannya, MNC Play Media juga akan berfokus pada pengembangan Interactive New Media untuk menjadi diferensiasi dibandingkan kompetitor lain.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again