1. Startup

Mobil Google Street View Terlibat Kecelakaan di Bogor

Entah sedang apes atau mungkin dalam pengaruh lain, mobil Google Maps yang bertugas memetakan wilayah untuk layanan Street View harus mengalami kejadian yang cukup membuat kami tak habis pikir. Siang tadi sekitar pukul 2, anggota Kaskus dengan nama mrginanjar melaporkan kejadian sial yang dialami oleh mobil Google tersebut di sebuah post berjudul “Tabrak Lari, Mobil Google Streetview Kabur!”.

Menurut kabar, musibah tersebut terjadi tadi siang (12/9) di wilayah Bogor, Jawa Barat. Ketika itu, mobil yang dikendalikan seorang warga Jakarta bernama Sulthan, yang bertugas mengendarai mobil Google tersebut, sempat menabrak seorang warga desa setempat dan kemudian melarikan diri. Melihat aksi tabrak lari tersebut, sontak warga sekitar sempat mengejar mobil Google tersebut namun nahas, mobil itu harus terhenti lagi di tengah jalan akibat menabrak tiga kendaraan lain yaitu dua buah angkutan umum dan satu truk.

Dikutip dari laman situs Detik, kejadian ini untungnya tidak memberikan dampak korban jiwa, namun tentunya membawa dampak kerugian materi. "Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini hanya kerugian materi saja," ungkap Kapolsek Darmaga AKP S. Gayo sesuai dengan pemberitaan Detik.

Seperti yang terpampang nyata pada laman forum internet tersebut, mobil Google Street View yang bermerk Subaru Impreza berplat nomor B 1523 PAE itu mengalami kondisi kerusakan yang cukup parah. Kaca depan terlihat pecah seperti sehabis dirusak massa, kemudian bumper depan terlihat seok setelah menabrak sejumlah kendaraan lain. Untuk kameranya sendiri, yang bertugas untuk menangkap gambar pemetaan wilayah, untungnya masih terlihat utuh terpampang di atas mobil putih berstiker Google Maps Street View tersebut.

Hingga saat ini, masih belum ada keterangan resmi terkait penyebab kecelakaan yang dialami oleh mobil Google Street View tersebut baik dari pihak kepolisian maupun dari Google sendiri. Belum dapat dipastikan apakah kerusakan komponen yang menyebabkan kecelakaan tersebut ataukah merupakan kesalahan faktor manusia.

Diluncurkan pada akhir tahun 2012 lalu, mobil Google Street View bertugas untuk merekam sejumlah wilayah di Indonesia untuk melakukan pemetaan yang nantinya akan ditampilkan dalam situs Google Maps. Proyek Street View ini berfungsi untuk menampilkan jalanan di wilayah-wilayah di seluruh Indonesia melalui layanan peta Google. Saat ini Google sedang memetakan setidaknya tiga kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, dan Surabaya, dan mungkin juga beberapa kota lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again