1. Startup

Mobil123 Ingin Pahami Target Pasarnya dengan Lebih Baik

Portal Marketplace Kendaraan Mobil123 Berusaha Dekatkan Diri Dengan Komunitas

Salah satu portal jual beli mobil online terdepan di Nusantara ini, Mobil123, kemarin--tepatnya pada tanggal 10 Februari 2015--memutuskan untuk mengoperasikan kantor pusat barunya di Indonesia yang bertempat di Wisma Mampang, Jakarta Selatan. Keputusan tersebut di ambil bukan tanpa alasan, Country Manager Mobil123 Indonesia PC Gan mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari komitmen dari pihak Mobil123 untuk lebih dekat dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang lebih cepat.

Mobil123 sendiri dapat dikatakan adalah layanan iklan baris otomotif yang sangat produktif di tahun lalu. Bagaimana tidak, pada Desember 2014 kemarin terhitung ada dua fitur baru yang diluncurkan oleh mereka seperti "Si Jari" dan New Car Section (Pencarian Berdasarkan Tipe, Detail Varian, dan Booking Test Drive). Perlu diingat, di tahun yang sama  juga Mobil123 sudah melakukan penyempurnaan platform mereka dengan menambahkan kanal berita di situsnya. Meskipun demikian, PC Gan mengungkapkan bahwa pelanggan akan tetap menjadi prioritas Mobil123.

Ketika disinggung mengenai rencananya bersama Mobil123 di tahun 2015, PC Gan mengatakan, "Pelanggan kami akan selalu menjadi prioritas bagi kita. Meskipun kami telah meluncurkan tiga produk utama akhir tahun lalu (Si Jari, bagian mobil baru & bagian berita), kami sedang mencari untuk meningkatkan lebih lanjut tentang fitur yang telah ada. Kami juga ingin lebih terlibat dengan komunitas sehingga kita dapat memahami pasar jauh lebih baik"

"Kami selalu ingin menjadi lebih dekat dengan pelanggan kami, itulah sebabnya kami telah pindah ke Wisma Mampang dan memiliki kantor di Bursa Mobil WTC Mangga Dua. Kami akan melihat memastikan kantor yang ada di Bandung dan Surabaya adalah di lokasi yang tepat sebelum memperluas ke pasar lain," tambahnya.

Selain itu, portal penyedia layanan jual beli mobil yang berada di bawah payung iCar Asia Group ini juga mengalami pertumbuhan yang baik dalam dua tahun ini. Saai ini pihak Mobil123 mengklaim mereka telah memiliki lebih dari 200 listing mobil yang diiklankan di portalnya dan sekitar 1,5 juta pengunjung dengan total 13 page views setiap bulannya.

"Kami memiliki pertumbuhan yang signifikan selama dua tahun terakhir. Dibandingkan dengan tahun lalu, kami telah tumbuh dua kali lipat dalam penjualan mobil. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tim (pengembangan) produk yang berpengetahuan yang membantu membangun aplikasi dengan memanfaatkan teknologi di Australia, yang kami bawa ke Indonesia," ujar PC Gan.

Saat meresmikan kantor baru mereka, pihak Mobil123 juga mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerja sama dengan para mitra strategisnya dari sejumlah showroom mobil yang ada di Jakarta, baik itu mobil baru maupun showroom penyedia bursa mobil bekas. Menurut Operation Head Bursa Mobil TEMS ITC Permata Hijau Theo Bejo Hindarto, tingginya trafik Mobil123 adalah alasan utamanya memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Mobil123.

"Kami spesialisasi di mobil bekas, dan kami lihat pengunjung yang masuk di web mobil123 ini paling tinggi,ini alasan kami komit menjadi mitra strategis dari mobil123," ungkap Theo.

Apa yang dilakukan oleh Mobil123 ini bisa dikatakan sebagai upaya mereka untuk tetap menjadi yang terdepan sebagai salah satu penyedia layanan iklan baris otomotif tedepan di Indonesia yang sudah ramai dengan kehadiran pesaing kuat, seperti Carmudi, Mobiloka, dan RajaMobil. Carmudi sendiri baru-baru ini membuka kantor representative mereka di Yogya dan Malang sebagai upaya untuk merengkuh posisi nomor satu dalam segmen ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again