Categories

Berita

Android Market Store Besutan Baidu MoboMarket Resmi Diperkenalkan (UPDATED)

Michael Erlangga - 4 September 2014

Para pengembang aplikasi Android di tanah air kembali mendapat angin segar. Mewadahi talenta-talenta kreatif pengembang Indonesia, Baidu secara resmi merilis MoboMarket yang dapat menjadi gerbang bagi mereka yang ingin memperkenalkan aplikasi Android ke skala nasional. Melalui Android market store terbaru ini, Baidu mencoba menyajikan konten dengan tampilan yang menyegarkan dan dinamis.

Edo Suryo Pamungkas selaku Product Manager of MoboMarket di Indonesia mendorong rekan-rekan pengembang untuk fokus berkarya dengan bergabung dan mendaftarkan aplikasi maupun game berbasis Android mereka ke dalam MoboMarket.

“MoboMarket merupakan pasar aplikasi yang mengedepankan aplikasi lokal. MoboMarket akan menjadi ‘pintu’ baru bagi para pengembang lokal yang ingin memperkenalkan aplikasi mereka kepada para pengguna perangkat mobile berbasis Android,” papar Edo Suryo Pamungkas.

Penetrasi yang dilakukan Baidu sebagai perusahaan Internet raksasa asal negeri Tiongkok memang sedang gencar dilakukan secara global, termasuk Indonesia. Setelah sebelumnya Baidu Browser berhasil mencapai angka puluhan juta unduhan versi Google Play Store. Kini mereka menyediakan market store sendiri. Uniknya, pengguna dapat mengkustomisasi pengaturan dan antarmuka yang diinginkan, seperti wallpaper dan opsi bahasa.

Secara garis besar, MoboMarket menyajikan tampilannya dalam dua kategori utama, yakni Games dan Applications. Aplikasi dan permainan yang terdaftar dapat dengan mudah ditemukan secara rapi berdasarkan genre dan fungsinya masing-masing. Baidu mengklaim saat ini telah ada 300.000 aplikasi terdaftar di MoboMarket yang dapat diunduh secara gratis oleh para pengguna. Keseluruhan aplikasi dan games tersebut telah teruji dan dipindai sebelumnya menggunakan beberapa aplikasi keamanan komputer ternama dan berstandar internasional.

Sejauh ini, bagi rekan-rekan pengembang yang ingin mendaftarkan aplikasi mereka dipersilakan menghubungi pihak Baidu. “Sebagai tahap awal, para pengembang lokal yang ingin mendaftarkan aplikasinya ke dalam MoboMarket dapat menghubungi pihak Baidu Indonesia melalui email mobomarket_id@baidu.com,” ucap Edo.

Belum cukup sampai di situ, MoboMarket kabarnya dilengkapi dengan fitur Package Clean, yang mengizinkan pengguna untuk membersihkan ponsel dari paket-paket file instalasi Android (APK) yang tidak dibutuhkan. Baidu MoboMarket menjadi alternatif bagi pengembang untuk  memperluas kesempatan aplikasi lokal menjadi semakin dikenal di masyarakat. Sebelum tahun ini berakhir, Baidu MoboMarket menargetkan akan menyediakan pembayaran dengan sistem potong Pulsa - Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan Smartfren. Langkah ini menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan kualitas persaingan pengembang lokal dengan menjual aplikasi berbayar maupun pembelian dari aplikasi (in-app purchase).

 

[foto: Baidu Indonesia]

 

Update: informasi transaksi aplikasi menggunakan sistem potong pulsa.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter