Categories

Gadget

Pembersih Udara Ini Tak Cuma Menyaring Polutan, Tapi Juga Menggerusnya Hingga ke Tingkat Molekuler

Siap membasmi polutan dengan ukuran 0,1 nanometer sekalipun

Glenn Kaonang - 25 May 2016

Salah satu komponen utama yang sering kita jumpai dalam sebagian besar perangkat pembersih udara adalah filter dengan standar HEPA (High-Efficiency Particulate Arrestance). Standar ini sudah ditetapkan sejak berpuluh-puluh tahun lamanya, akan tetapi bukan berarti HEPA merupakan satu-satunya jalan untuk membersihkan udara di sekitar kita.

Menurut sebuah startup bernama Molekule, mereka punya perangkat pembersih udara yang jauh lebih efektif ketimbang yang berstandar HEPA. Berbeda dari filter HEPA yang hanya bertugas menyaring partikel dan polutan udara, Molekule akan menghancurkan semua itu, termasuk membunuh virus dan bakteria yang bertebaran.

Rahasianya ada pada proses yang dikenal dengan istilah photoelectrochemical oxidation, atau PECO singkatnya. Proses ini melibatkan cahaya yang menyinari komponen nano-filter khusus hingga akhirnya tercipta reaksi oksidasi katalitik.

Reaksi ini kemudian akan memecah-mecah partikel dan polutan udara ke tingkat molekuler, mengubahnya menjadi elemen dasar yang tidak berbahaya. Kelebihan lain PECO dibanding HEPA adalah kemampuannya membasmi polutan dengan ukuran 0,1 nanometer, atau 1.000 kali lebih kecil daripada batas minimum filter HEPA.

Molekule bisa dikontrol via aplikasi smartphone atau layar sentuh di panel atasnya / Molekule
Molekule bisa dikontrol via aplikasi smartphone atau layar sentuh di panel atasnya / Molekule

Dari segi fisik, Molekule sendiri tampak elegan dengan bodi aluminium berbentuk silinder. Lubang di bagian bawahnya merupakan tempat dimana polutan akan masuk dan digerus habis, sedangkan lubang-lubang kecil di panel atasnya akan menghembuskan udara bersih yang telah melalui proses PECO itu tadi.

Dimensi Molekule cukup besar dengan tinggi 58 cm dan diameter 21 cm, tapi masih mudah dibawa-bawa berkat sebuah handle kulit di atasnya. Pengguna bebas mengoperasikannya via layar sentuh di panel atasnya atau melalui aplikasi pendamping di smartphone.

Molekule rencananya akan mulai dipasarkan pada awal 2017 seharga $799, akan tetapi pre-order sudah dibuka sekarang dengan harga $499 saja. Bagaimana dengan komponen filter-nya? Well, pengguna bisa membayar tarif berlangganan sebesar $99 per tahun dan filter pengganti akan otomatis dikirim saat perangkat mendeteksi bahwa sudah waktunya untuk diganti.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter