Banyak startup yang sudah berjalan berawal dari ide dan eksekusi beberapa orang. Founder dan co-founder saling berbagi tugas dan tanggung jawab untuk bahu membahu mengembangkan bisnis sesuai dengan tanggung jawab dan mungkin keahlian masing-masing. Sedikit banyak co-founder bisa membantu dalam memberikan second voice, untuk memvalidasi atau memberikan masukan terhadap sebuah gagasan atau tindakan yang diambil oleh founder.

Sebelum jauh membahas bagaimana menemukan co-founder yang cocok terlebih dulu pastikan Anda datang tidak dengan tangan kosong. Ide saja tidak cukup untuk mengajak co-founder bergabung, apa lagi orang yang belum Anda kenal. Mereka butuh diyakinkan minimal dengan ide dan rencana bisnis yang sudah disusun. Presentasi mengenai layanan atau produk yang dibuat lengkap dengan penentuan siapa yang ingin disasar sebagai pengguna. Dengan beberapa hal tersebut co-founder minimal bisa diyakinkan bahwa Anda bersungguh-sungguh dalam membangun bisnis.

Jika Anda sedang berniat mencari co-founder untuk bersama-sama membangun bisnis bersama, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Menemukan co-founder di jaringan yang sudah ada

Salah satu cara paling mudah menemukan co-founder adalah dengan menyelami jaringan profesional atau pertemanan Anda yang sudah ada. Cari mereka yang sekiranya cocok kemudian utarakan niat Anda membangun sebuah bisnis. Jika mereka terlihat tertarik dan antusias Anda bisa melanjutkannya dengan melakukan presentasi seputar bisnis yang dibangun berbekal rancangan bisnis yang sudah disiapkan sebelumnya. Selanjutnya tinggal bagaimana cara Anda berkomunikasi dan meyakinkan mereka.

Menemukan co-founder dengan memasang iklan lowongan

Selain jaringan pertemanan Anda juga bisa menemukan co-founder melalui situs lowongan pekerjaan. Untuk yang satu ini pastikan bagian “Job Description” ditulis dengan jelas tentang apa yang Anda cari dan akan mereka kerjakan nantinya. Kebanyakan bisnis tidak menuliskan lowongan untuk co-founder. Ini mungkin menjadi jalan bagus untuk menampilkan lowongan Anda di posisi teratas. Toh tidak ada salahnya mencoba.

Universitas dan event startup

Layaknya jodoh menemukan co-founder juga bisa di mana saja. Salah satu momen atau lokasi yang tepat untuk mencari co-founder adalah universitas dan event-event seputar startup. Semakin banyaknya sektor yang bisa dirambah startup semakin membuka peluang co-founder bisa datang dari latar belakang yang berbeda. Bisa bisnis, teknologi, atau yang lainnya. Dan tempat paling cocok untuk menemukan orang-orang antusias tentang hal tersebut adalah kampus.

Momen yang tak kalah penting bagi mereka yang sedang mencari co-founder adalah event startup. Baik itu seminar, workshop, atau kegiatan lain bertemakan startup. Dari sana Anda bisa menemukan orang-orang yang memiliki antusiasme yang sama di bidang bisnis startup. Selanjutnya tinggal bagaimana Anda memilih.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.