15 January 2014

by Yoga Wisesa

Moment, Lensa Keren Untuk iPhone dan Samsung Galaxy

Secanggih apapun teknologi kamera di smartphone, ia tidak akan menggantikan fungsi fotografi kamera sesungguhnya. Bahkan dengan sensor raksasa sekalipun, kamera ponsel hanya akan menjadi fungsi pelengkap. Walaupun begitu, fleksibilitas dan kepraktisan kamera ponsel terbukti tidak tertandingi. Apalagi untuk mereka yang aktif di jejaring sosial, fitur kamera adalah salah satu pertimbangan utama dalam membeli smartphone.

Dan berdasarkan alasan itu, para produsen tidak kenal lelah untuk 'menyempurnakan' fungsi kamera smartphone dan merancang berbagai jenis komponen-komponen dan attachment canggih - beberapa cukup praktis, tapi tidak sedikit yang membuat perangkat mobile Anda terlihat konyol. Dalam sebuah upaya teranyar meningkatkan kemampuan kamera ponsel, Marc Barros, desainer asal Seattle Amerika Serikat, memulai proyek Moment di situs crowdfunding Kickstarter.

Barros mengklaim bahwa desain baru Moment berbeda dari lensa detachable yang telah ada sebelumnya. Ia menggunakan pengalamannya di Industri kamera selama 25 tahun untuk menciptakan Moment. Dan tahukah Anda, Marc Barros adalah co-founder dari perusahaan pengembang 'wearable HD action camera' bernama Contour? Ia dan timnya mengoptimalkan desain multi-elemen yang terdapat pada kaca sinema untuk membuat film HD.

 

Info menarik: Project Christine, Rancangan PC Modular Garapan Razer

 

Kemudian mereka menerapkan metode proses yang sama seperti cara produksi lensa untuk teater-teater 4K. Itu berarti Moment adalah lensa tambahan smartphone yang menggunakan jenis kaca high-end. Dengan kata lain, ia membuat hasil foto smartphone Anda terlihat prima: tanpa distorsi dan gambar yang kabur, serta penyimpangan bentuk objek dan warna. Masalah-masalah tersebut sering muncul di kamera smartphone, bahkan untuk mereka yang memiliki sensor tinggi.

Ukuran Moment yang tidak terlalu besar juga tidak akan membebankan smartphone dan penggunanya. Untuk saat ini Marc Barros dan timnya baru mengenalkan dua jenis lensa Moment: Wide untuk jenis foto makro, dan Tele untuk jarak jauh. Untuk dua fungsi yang berbeda, ukuran mereka bisa dibilang hampir sama besar. Moment terpasang di smartphone dengan sebuah plat logam tipis dan Anda bisa menggunakannya dengan atau tanpa case. Cara memasangnya sangat mudah dan cepat, pengguna hanya tinggal memutarnya sedikit di pelat tersebut.

Baru saja memulai kampanyenya di Kickstarter, Moment dengan mudah berhasil melewati batas target stretch sebesar US$ 50.000, dan mereka masih memiliki waktu hampir sebulan untuk mengumpulkan dana. Mungkin hal itu juga disebabkan karena Moment nanti akan ditawarkan dengan harga yang sangat menarik: hanya US$ 99 untuk satu buah lensa detachable canggih ini.

Lensa Moment dapat ditambatkan ke device iPhone (4s, 5, 5S dn 5C), iPad 2, 3, dan generasi keempat, serta Samsung Galaxy S2, S3 dan S4. Ini dia spesifikasi lengkap Moment.

Via The Verge. Sumber gambar: halaman Kickstarter Moment.