Categories

Otomotif

Motor Elektrik Harley-Davidson, LiveWire, Dipastikan Mengaspal Tahun 2019

Juga akan disusul oleh sejumlah model lainnya

Glenn Kaonang - 1 August 2018

Terakhir diberitakan sekitar dua tahun silam, Harley-Davidson berencana memproduksi motor elektriknya secara massal pada tahun 2021. Prototipenya yang bernama LiveWire sendiri sebenarnya sudah ada dan sudah fungsional sejak 2014, akan tetapi HD ketika itu masih kesulitan mengoptimalkan efisiensi energinya.

Sekarang, HD sendiri telah mengonfirmasi bahwa LiveWire siap mengaspal mulai Agustus 2019. HD belum mengungkap detail lebih lengkap mengenai LiveWire versi produksi ini, akan tetapi semestinya mereka sudah mengatasi masalah efisiensi energi sebelumnya, dan jarak tempuhnya seharusnya sudah lebih dari 80 km dalam satu kali pengisian.

Secara penampilan, semestinya juga tidak ada banyak perubahan pada LiveWire. Ia memang tidak segarang moge HD biasanya yang mengadopsi desain chopper, dan mesin listriknya mungkin juga masih kalah soal tenaga. Kendati demikian, berhubung ini mesin listrik yang kita bicarakan, LiveWire sudah bisa mengerahkan torsi keseluruhan ke kedua rodanya dari 0 RPM, alias dari awal kendaraan digas.

Meski demikian, yang menjadi pertanyaan terbesar tetap seberapa jauh LiveWire bisa melaju sebelum baterainya habis. HD belum siap menjawabnya sekarang, tapi mereka sepertinya cukup percaya diri. Pasalnya, setelah LiveWire, mereka juga berencana merilis sejumlah motor elektrik lain sampai tahun 2022.

Tanpa harus terkejut, nantinya Harley-Davidson LiveWire bakal merambah Amerika Serikat dan sejumlah kawasan di Eropa terlebih dulu. Kawasan Asia mungkin masih harus menunggu lebih lama. Pun begitu, HD sendiri sudah punya rencana untuk memperluas jangkauannya di pasar sepeda motor di Asia. Semoga saja ini mencakup portofolio model elektriknya.

Sumber: CNET dan Harley-Davidson.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter