28 September 2017

by Yoga Wisesa

Mouse Gaming Baru SteelSeries Janjikan Performa High-End Tanpa Membuat Anda Bangkrut

Hal yang membuat Rival 110 istimewa adalah penggunaan sensor optik eksklusif TrueMove1.

Kualitas dan kelengkapan fitur ialah dua faktor yang umumnya menyebabkan harga gaming gear jadi mahal. Para gamer memahaminya, tapi kita tahu tak semua orang diberkahi modal besar buat membelinya. SteelSeries juga tidak setuju jika aksesori-aksesori berkualitas hanya bisa dinikmati gamer berkantong tebal saja. Dan sudah lama, mereka menyediakan produk-produk di bawah US$ 50.

Rival 100 merupakan andalan sang perusahaan Denmark itu dalam bersaing di segmen entry-level. Mouse gaming tersebut memperoleh banyak pujian berkat kesederhanaan serta performanya, dan kesuksesan Rival 100 mendorong SteelSeries memperkenalkan Rival 110 sebagai pewarisnya. Rival 11 memang memiliki arahan desain serupa sang pendahulu, namun ia juga mengadopsi teknologi produk high-end.

Seperti Rival 100, Rival 110 merupakan mouse dengan rancangan simetris. Desain tubuhnya ergonomis, memiliki dimensi 120,6x58x38,12mm dan berbobot hanya 87,5-gram, tersusun dari material plastik dengan tekstur matte. Untuk meningkatkan daya cengkeram, SteelSeries membubuhkan lapisan bertekstur kasar di sisi samping. Layout tombolnya cukup familier: scroll wheel berada di tengah-tengah dua tombol utama, berada sejajar dengan switch DPI.

Walaupun tampak simetris, Rival 110 belum bisa disebut mouse ambidextrous sejati karena dua thumb button hanya tersedia di sisi kiri. Tapi kabar gembiranya, ia siap mendukung tipe grip berbeda; baik palm, claw ataupun fingertip style. Mouse tersambung ke PC melalui kabel USB sepanjang 2m, dapat segera bekerja tanpa software, namun fungsi tombolnya bisa diutak-atik via SteelSeries Engine 3.

Hal yang membuat Rival 110 istimewa adalah penggunaan sensor optik eksklusif TrueMove1 sebagai jantung mouse ini. Dikembangkan bersama oleh SteelSeries dan PixArt, sensor mempunyai karakteristik hampir serupa TrueMove3 yang bersemayam dalam SteelSeries Sensei 310 dan Rival 310. TrueMove1 menjanjikan proses tracking satu banding satu - artinya: jarak yang ditempuh mouse sama dengan jarak gerakan kursor di layar.

Tentu saja angka DPI/CPI dan IPS-nya belum menyamai TrueMove 3. Rival 110 menyajikan DPI di rentang 200 sampai 7.200 dan kecepatan tracking 240IPS (inch per second). Namun kemampuan melacak gerakan 1:1 menjadi keunggulan utama di sana karena itu berarti SteelSeries menjanjikan level latency dan interpolasi yang sangat kecil, memastikan bidikan Anda selalu akurat.

Mouse gaming Rival 110 sudah mulai dipasarkan (pertama kali lewat situs SteelSeries sendiri). Produk dijajakan di harga yang sama seperti Rival 100, yakni di US$ 40.

Sumber: SteelSeries.