Categories

Opini

Moza Moin Camera Adalah Kamera 4K Berukuran Mini dengan Gimbal Terintegrasi

Dilengkapi layar sentuh besar yang dapat dilipat ketika sedang tidak digunakan

Glenn Kaonang - 13 April 2021

Produsen gimbal kamera yang cukup populer, Moza, baru saja memperkenalkan produk kamera pertamanya, yakni Moin Camera. Melihat bentuknya, tampak jelas bahwa perangkat ini banyak terinspirasi oleh DJI Pocket 2.

Bagi yang kurang familier, perangkat ini pada dasarnya merupakan sebuah kamera yang duduk di atas gimbal 3-axis. Keberadaan gimbal terintegrasi semacam ini membuatnya sangat kapabel untuk merekam video secara mulus, bahkan ketika pengguna tengah merekam sambil berlari sekalipun.

Kameranya sendiri terdiri dari sensor CMOS 1/2,3 inci yang sanggup menjepret foto 12 megapixel (JPEG maupun RAW) serta merekam video beresolusi 4K 60 fps, dan lensa f/2.2 dengan sudut pandang seluas 120°. Kamera ini menawarkan shutter speed antara 60 detik sampai 1/8.000 detik, serta rentang ISO 100 hingga 3200.

Sebagai perbandingan, DJI Pocket 2 hadir mengusung sensor yang berukuran lebih besar di angka 1/1,7 inci, tidak ketinggalan pula lensa dengan bukaan yang juga lebih besar di f/1.8. Singkat cerita, kalau untuk pemotretan maupun perekaman video di kondisi low-light, DJI Pocket 2 semestinya lebih bisa diandalkan ketimbang Moin.

Yang istimewa dari Moin adalah aspek pengoperasiannya. Di saat DJI Pocket 2 mengandalkan layar sentuh mungil yang mudah sekali tertutup jempol, Moin justru menyimpan layar sentuh IPS sebesar 2,45 inci yang dapat diputar-putar, sekaligus yang bisa dilipat rata dengan bodi sampingnya ketika sedang tidak diperlukan.

Namun demikian, konsekuensinya adalah fisik Moin memang kalah ringkas jika dibandingkan dengan DJI Pocket 2. Selisih bobot antara keduanya pun cukup jauh; Moin di 176 gram, sedangkan DJI Pocket 2 di 117 gram. Moin mengemas baterai berkapasitas 950 mAh yang diklaim bisa tahan sampai 145 menit jika digunakan untuk merekam video dalam resolusi 1080p 30 fps.

Di Amerika Serikat, Moza Moin Camera saat ini telah dipasarkan dengan banderol $299, atau kurang lebih sekitar Rp4,38 jutaan. Semoga saja harga jualnya di sini tidak jauh-jauh dari itu sehingga bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau dari DJI Pocket 2.

Sumber: DP Review.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter