1. Lifestyle

Mozilla Berencana Hentikan Dukungan ke Windows XP dan Vista September 2017

Di pertengahan 2017, pengguna XP dan Vista otomatis dialihkan ke versi Firefox ESR

Tak hanya pengguna CyanogenMod yang dibuat murung di tengah perayaan akhir tahun ini. Pengguna XP dan Vista pun dibuat sedih karena Mozilla yang merupakan empunya peramban Firefox merencanakan untuk mendukung OS tersebut hanya sampai dengan bulan September 2017.

Meski demikian, proses penghentian dukungan akan dilakukan secara bertahap. Di bulan Maret 2017, pengguna XP dan Vista akan secara otomatis dipindahkan ke versi Firefox Extended Support Release (ESR), bukan lagi versi publik seperti biasanya. Kemudian di pertengahan 2017 perusahaan akan merilis angka pengguna kedua OS dan tanggal pasti penghentian layanan.

Sebagai catatan, Firefox ESR adalah versi khusus yang dirancang untuk sekolah, universitas dan bisnis.

Langkah yang diambil oleh Mozilla bukanlah kejutan baru. Sebelum ini, mereka juga memangkas beban dengan melepaskan dukungan untuk OS versi lama seperti OS X 10.6 Snow Leopard, OS X 10.7 Lion, dan OS X 10.8 Mountain Lion. Dengan pertimbangan tertentu, hingga saat ini Mozilla masih mempertahankan XP dan Vista.

Bahkan Mozilla masih memberikan tenggat waktu kurang lebih selama 9 bulan mulai dari sekarang. Setelah masa itu terlampaui, biasanya Mozilla masih akan memberikan dukungan selama beberapa bulan tetapi peramban tidak akan mendapatkan versi baru.

Selain itu, Mozilla juga memberikan catatan bahwa sistem operasi yang tidak lagi didukung juga tidak akan menerima pembaruan keamanan, mempunyai celah eksploitasi, dan berbahaya jika terus digunakan. Untuk menghindari resiko-resiko tersebut, pengguna disarankan untuk melakukan upgrade sistem operasi agar dapat menggunakan versi Firefox yang lebih baru.

Sumber berita Mozilla dan gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again