Categories

Gadget

MSI GS40 Phantom Diramu Sebagai Ultrabook Gaming 14-Inci Paling Bertenaga

Yoga Wisesa - 9 October 2015

Apapun janjinya, kompromi adalah hal yang sulit dihindari dalam perancangan notebook gaming. Dari awal produsen harus menentukan tendensi produk: mobilitas atau performa. Dan di sisi konsumen, portabilitas mau tak mau turut melambungkan harga. Diterima atau tidaknya laptop gaming bersandar pada kemampuan desainer menyeimbangkan semua faktor tersebut.

Terkadang produsen melupakan aspek praktis untuk mengejar rekor tertentu: Misalnya resolusi 4K di panel 15-inci, padahal laptop hanya ditenagai GTX 960M; atau kehadiran teknologi SLI dan unit adaptor raksasa, menyebabkan device tidak lagi mudah dibawa-bawa. Seri GS dari MSI merupakan lini produk yang paling mendekati titik ekuilibrium. Dan satu model anyar di keluarga itu berpotensi akan membuat mereka selangkah lebih unggul.

Micro-Star International baru saja mengumumkan GS40 Phantom, sebuah notebook ultra-slim kelas antusias yang 'sanggup membawa  pengguna ke tingkatan selanjutnya dalam performa komputasi'. Klaim tersebut memang terdengar sangat umum, tapi dasar argumentasi sang produsen PC asal Taiwan itu cukup kuat. Menurut saya, GS40 lebih menyerupai evolusi selanjutnya dari GS30 Shadow, ketimbang berperan sebagai adik kecil GS60/70.

Info menarik:MSI Benamkan GPU Dekstop High-End ke Laptop Gaming GT72S Anniversary Edition

GS40 Phantom menyuguhkan layar IPS 14-inci 1080p. Di belakangnya, desain ala kap supercar telah kembali, dengan sudut lekukan lebih menonjol. MSI memampatkan segala macam komponen tercanggih dan terbaru di dalam. Hebatnya, konfigurasi tersebut hampir tidak memberikan dampak pada penampilan. GS40 mempunyai ketebalan cuma 21,8mm serta bobot 1,6-kilogram.

Notebook anyar ini tidak memerlukan docking tambahan seperti GS30 Shadow karena ia sudah dipersenjatai kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970M. Dibanding GS70 Stealth (memakai GPU yang sama), GS40 Phantom juga satu kilogram lebih ringan. Ia telah dipersenjatai prosesor Intel Core 'Skylake', i7- 6700HQ, dan komponen lainnya meliputi RAM DDR4 2133MHz sampai 32GB, penyimpanan SSD plus hard drive, serta berjalan di platform Microsoft Windows 10.

MSI membubuhkan fitur dan teknologi ekslusif mereka semisal network Killer DoubleShot Pro, keyboard SteelSeries dan dukungan SteelSeries Engine 3, sistem pendingin Cooler Boost 3, chip audio DAC ESS Sabre plus speaker Dynaudio serta software Nahimic Audio Enhancer, dan bundel XSplit Gamecaster 2.0. GS40 memiliki port USB Type-C, dan MSI turut mengadopsi teknologi layar True Color dari seri Prestige.

Penasaran dengan harganya? Sayang MSI belum menyingkap informasi tersebut baik di website maupun press release-nya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter