1. Startup

Multiply Marketplace Kini Untuk User Asia Tenggara

Kalau ada social network asal US yang tidak fokus pada pengguna di US, Multiply adalah salah satunya. Setelah memanjakan para pengguna Indonesia dengan meluncurkan Marketplace khusus untuk para pedagang di Multiply asal Indonesia, kini Multiply memperluas  Marketplace ini untuk user Asia Tenggara.

Perubahan pada fitur marketplace terjadi terutama pada tampilannya. Kini tampilannya terbagi menjadi dua kelompok, di bagian kiri berisi kategori sedangkan bagian kanan terdapat para pedagang Multiply yang terkatagorikan dalam Premium Listing di bagian atas, dan di bagian bawah terdapat Featured Seller.

Dalam pengumuman resminya, Multiply mengatakan bahwa perubahan ini merupakan perubahan yang cukup baik, selain desain tampilannya menjadi tampak lebih bersih, fokus utama Marketplace ini ada pada foto yang diambil dari halaman utama para akun para penjual, sehingga bisa menarik calon pembeli karena berfungsi sebagai semi etalase atau appetizer toko.

Selain itu Multiply juga meluncurkan Featured Sellers box . Featured Sellers box merupakan semacam badge Multiply Marletplace yang bisa ditempelkan di situs, blog atau website user yang nantinya jika badge ini sering diklik maka user Multiply ini 'lapaknya' bisa masuk dan ditampilkan di Featured Sellers di halaman depan Multiply Marketplace.

Jadi jika Premium member sudah jelas anda harus membayar biaya tertentu untuk mendapatkan fasilitas lebih, maka Featured Seller Box ini berguna bagi mereka yang menggunakan akun standar atau gratisan tapi ingin 'lapak' jualannya tampil di halaman utama Multiply Marketplace, sebuah strategi yang cukup baik, saya pikir, karena selain membuat user saling berlomba mendapatkan klik dengan menaruhnya di blog, situs pribadi mereka, ini bisa juga menaikkan popularitas Multiply terutama fitur Marketplace-nya.

Anda bisa mencoba atau mempelajari Featured Seller Box ini di kotek bagian bahwa daftar kategori di halaman depan Marketplace, dibagian Seller Tools, klik Featured Seller Badges.

Multiply juga menambahkan jangkauan pasar para pedagang yang bisa masuk halaman Marketplace yaitu Asia Tenggara. Kini user dari Brunei, Kamboja, Timor Timur, Laos, Malaysia, Mongolia, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam, dan tentu saja Indonesia, yang telah lebih dulu, bisa menikmati layanan Marketplace, jadi user yang memang menggunakan Multiply sebagai sarana berdagang dan menjadikannya etalase serta titik kontak dengan konsumen dari negara-negara diatas bisa mulai memasukkan akun Multiply-nya di marketplace.

Meski banyak dari negara tersebut belum memiliki penjual, atau setidaknya tidak semua kategori dari Marketplace ada isi pedagangnya, tapi perkembangan ini patut diberi perhatian lebih, karena seperti kita tau Asia adalah emerging market untuk pertumbuhan dan bisnis internet.

Satu yang kurang dari Marketplace atau berdagang lewat Multiply adalah sistem pembayaran, kalau saja Multiply punya sistem pembayaran tersendiri, tidak 'manual' transfer bank serta sistem shipping juga yang lebih tertata, sepertinya akan sangat seru melihat peta persaingan social network yang dijadikan alat berbisnis, dan tentu saja Multiply bisa bersaing dengan Facebook jika Facebook meluncurkan Marketplace yang dilengkapi sistem pembayaran sendiri.

Jika anda merupakan salah satu pembaca DailySocial yang menggunakan Multiply sebagai sarana berbisnis, bagaimana pendapat anda dengan tampilan Marketplace yang baru ini, apakah lebih baik atau malah lebih membingungkan? Atau jika anda penikmat social network, bagaimana pendapat anda tentang langkah Multiply yang terus memberi support bagi mereka yang menggunakan Multiply sebagai sarana berbisnis? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again