1. Startup

Multiply Ngebut! Tambah Fitur Baru (lagi)

Berita terbaru, datang lagi dari Multiply, social networking yang baru-baru ini meluncurkan marketplace, untuk manjakan seller dari Indonesia, tanggal 18 kemaren memunculkan 3 berita baru lagi, translations, panorama view dan new easy-to-use API.

Ketika berbicara tentang Multiply berarti berbicara tentang internet Indonesia, karena pengguna kita memang paling banyak, dan ketika berbicara tentang user Indonesia yang dikaitkan dengan Multiply maka kita tidak hanya akan membicarakan hanya sebatas pada social networking saja, tapi juga termasuk ketergantungan para pengguna Multiply yang berjualan di Multiply, yang berarti adalah ketergantungan user pada mata pencaharian mereka, meski tidak semua juga bergantung sepenuhnya pada Multiply.

Dan dalam rangka memberikan berbagai fasilitas pada para usernya, baik itu user yang membayar untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas di Premium di Multiply, maupun para pangguna akun gratis, Multiply tanggal 18 kemarin memberikan fasilitas terbaru lagi, yaitu translation yang menurut pengumuman resmi dari Multiply adalah salah satu fitur yang ditunggu sejak lama.

Translation dari Multiply ini dijalankan dengan sistem crowdsource, jadi para pengguna Multiply dari seluruh dunia bisa ikut berpartisipasi dalam menerjemahkan berbagai frasa dari berbagai bahasa, termasuk juga anda. Temukan kata 'translate' di bagian bawah akun Multiply anda lalu klik, dan ikuti petunjuk yang ada, pilih lagi latin (gambar babi pink) untuk melihat bagaimana proses translation ini bekerja atau anda bisa langsung mencoba bahasa yang tersedia untuk fungsi translation ini.

Cukup seru, anda bisa mengajukan frasa tertentu atau menerjemahkan dari daftar frasa yang ada, dan nantinya, hasil terjemahan ini di vote oleh user Multiply untuk menentukan terjemahan mana yang paling baik, dan frasa yang paling banyak di vote nantinya akan digunakan oleh Multiply. Untuk saat ini baru tersedia 5 bahasa, termasuk Portuguese (Brazil), Spanish, Tagalog (Philippines), Japanese dan tentu saja Indonesian.

Fasilitas kedua yang baru diluncurkan yaitu Panorama, sebuah fungsi yang membuat tampilan inbox anda menjadi 3 kolom ke pinggir. Fasilitas ini awalnya hanya bisa dinikmati oleh para premium user, tapi kini telah bisa dinikmati oleh semua user, anda hanya perlu jenis layar komputer yang lebar dan browser window yang sesuai.

Fasillitas ini juga memungkinkan anda untuk membaca posting terbaru dari kolega anda pada satu halaman muka tanpa harus membuka tab baru atau me-load halaman baru lagi. Misalnya teman anda si A memposting tulisan terbaru tentang DailySocial, kemudian postingan ini muncul di time line inbox anda, setelah anda mengatur tampilan menjadi Panorama, maka ketika anda meng-klik judul postingan teman anda itu, maka postingan lengkap akan terbuka di kotak kosong di sebelah time line inbox anda, ini juga berfungsi untuk melihat status up date, photo atau posting lain yang di post para teman-teman anda.

Saya telah mencoba fungsi ini, dan cukup gembira karena kini saya tidak perlu membuka tutup tab baru atau masuk ke akun teman saya untuk kemudian kembali lagi ke inbox, termasuk untuk langsung berkomentar atas postingan tersebut. Fungsi ini bisa anda gunakan dengan cara, masuk ke inbox anda dengan mengklik tab/teks inbox, kemudian perhatikan kolom di bagian kiri, di sebelah kata Inbox, temukan kata Prefs, klik dan nantinya anda akan dipandu ke petunjuk pengaturan tampilan, klik tanda panah yang ada di sebelah kolom View As, dan pilih Panorama. Setelah anda mengklik ok, masuk kembali ke inbox anda, dan fasilitas Panorama ini siap digunakan.

Meski, kemungkinan besar fasilitas Panorama ini akan mengurangi kunjungan secara langsung ke situs anda. Dan kekurangan lain yaitu ketika anda 'mengintip' posting orang lain menggunakan Panorama, anda tidak bisa melihat siapa saja yang berkunjung untuk melihat halaman anda. Karena biasanya jika anda mengunjungi halaman Multiply orang lain, maka avatar anda akan tampil di bagian bawah akun Multiply yang anda kunjungi.

Satu lagi faslitas terbaru yang di luncurkan Multiply adalah new API. Bagi para developer yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan Multiply, khususnya para startup lokal, Multiply menyediakan fasilita new API, yang diklaim lebih mudah digunakan. Rasanya masih jarang nih, startup lokal yang mengembangkan aplikasi berdasarkan Multiply API. Tertarik?

Persaingan di aplikasi social networking memang ketat, dan kemudahan serta kecepatan dalam menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada adalah faktor yang tidak bisa dihiraukan oleh penyedia jasa social networking, termasuk juga Multiply, yang dengan banyaknya aplikasi atau fasilitas yang disediakan harus juga membuat fitur yang memudahkan user dalam menjalankan fiur-fitur tersebut.

Dan, masing-masing penyedia jasa aplikasi social networking terus mengembangkan diri mereka dalam merebut pangsa pasar. So, mari kita lihat, apakah beberapa perkembangan terbaru ini akan membuat Multiply semakin populer atau fitur baru ini akan 'dibenci' oleh user.

Anda punya akun di Multiply, sudah mencoba fitur barunya? Anda bisa share pengalaman anda, atau anda juga bisa memberikan tanggapan anda tentang fitur baru Multiply ini pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again