Navitime Transit Jakarta Coba Bantu Pengguna KRL Merencanakan Perjalanan

Navitime Transit Jakarta Coba Bantu Pengguna KRL Merencanakan Perjalanan

Ilustrasi Kereta Komuter / Shutterstock
Ilustrasi Kereta Komuter / Shutterstock

Ilustrasi Kereta Commuter / Shutterstock

Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Jabodetabek jelas sudah menjadi sarana transportasi kaum urban sehari-hari bagi ratusan ribu penduduk Jakarta dan sekitarnya. Informasi yang lengkap mengenai transportasi ini pun mungkin menjadi hal yang dibutuhkan bagi penggunanya. Navitime Jepang memberikan solusi untuk informasi ini melalui aplikasi Navitime Transit Jakarta yang dapat membantu pengguna KRL Commuter Line dalam merencanakan perjalanannya melalui perangkat Android dan iOS.

Pada dasarnya aplikasi ini memberikan informasi rute perjalanan yang terdapat pada KRL Jabodetabek. Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, Anda akan langsung dihadapkan pada peta rute perjalanan KRL Jabodetabek yang dapat diperbesar. Gambar dari peta rute perjalanan ini pun sangat rapih dan lengkap, mengingatkan saya pada peta rute perjalanan yang terdapat di dalam KRL yang biasa saya gunakan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini dalam merencanakan perjalanan, Anda hanya perlu men-tap Map yang ditampilkan untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan Anda. Setelah itu Anda dapat segera melihat perkiraan waktu tiba dengan menekan tombol Depart Now atau jika Anda ingin menyesuaikan waktu keberangkatan Anda dapat menekan tombol Set Time untuk mengaturnya.

Screenshot Navitime Transit-Jakarta

Mudah bukan? Tetapi sayangnya bagi saya yang juga kerap menggunakan KRL untuk bepergian, waktu perkiraan yang ditampilkan tidak terlalu akurat. Soal ketidakakuratan ini, Navitime sesungguhnya sudah memberikan disclaimer-nya di halaman Google Play dam App Store-nya. Selain itu, fitur pencarian lokasi stasiun terdekat pun tidak berjalan dengan semestinya saat saya menggunakan aplikasi ini.

Tentang Jadwal: Keberangkatan yang sebenarnya atau waktu kedatangan mungkin berbeda dari hasil yang ditampilkan, karena tidak didasarkan pada jadwal resmi.

Aplikasi lokal yang tersedia saat ini di Google Play seperti Info KRLCommuter, dan Sikremut menurut saya masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Navitime Transit Jakarta sekarang. Meskipun demikian, aplikasi ini punya potensi yang cukup baik jika Navitime dapat lebih serius menggarapnya karena untuk Navitime Transit versi London UK tampilan serta fungsinya jauh lebih sempurna jika dibandingkan dengan yang versi Jakarta saat ini.

Selain melalui aplikasi, Navitime Transit juga dapat diakses melalui Web App. Sayangnya Indonesia masih belum masuk daftar Web App Navitime.  Saat ini Web App Navitime baru mencakup wilayah Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, dan Taiwan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…