Categories

Berita

Newzoo Keluarkan Prediksi Konsumsi Game Asia Tenggara Hingga 2017

Hesti Pratiwi - 9 January 2015

Bermain game/Shutterstock

Asia Tenggara merupakan salah satu daerah yang paling cepat berkembang untuk game berkat peningkatan adopsi smartphone yang meningkat, terutama Indonesia dan Malaysia. Konsumen game di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam menghabiskan $1, 1 miliar untuk permainan pada tahun 2014, menurut perusahaan riset pasar Newzoo. Para analis di Newzoo memprediksikan pertumbuhan di  Asia Tenggara hingga tahun 2017 secara rata-rata adalah 28,8 persen per tahun. Di tahun tersebut, pasar permainan Asia Tenggara bernilai $2,2 miliar.

Pada tahun 2014, ini 60 juta konsumen menghabiskan rata-rata $ 18,40. Thailand berada pada peringkat atas dan  diperkirakan tidak akan bergeser hingga tahun 2017. Indonesia meskipun masih berada di urutan bawah tahun 2014 lalu, diperkirakan konsumsinya akan terus menanjak dan bakal menduduki posisi kedua di tahun 2017.

Asia Tenggara memiliki jumlah penduduk sekitar lebih dari  626 juta, tetapi hanya 29 persen  atau sekitar 179 juta orang yang memiliki akses Internet. Industri game global telah melampaui konsumsi $93 miliar dan negara-negara berkembang akan memainkan peran besar untuk melewati  tonggak $100 miliar di masa mendatang.

Salah satu kesamaan perilaku di negara-negara Asia Tenggara memiliki kesamaan terkait urbanisasi. Tren ini akan membantu meningkatkan pengeluaran karena lebih banyak orang mendapatkan akses ke Internet. Tercatat negara-negara di kawasan ini memiliki pertumbuhan yang pesat dalam urbanisasi, rata-rata sekitar  1,4 persen per tahun. Angka itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Tiongkok yang hanya 0,5 persen. Demografi kaum muda yang tech-savvy merupakan faktor-faktor yang kuat yang mendorong pertumbuhan konsumsi game.

Pasar Permainan Asia Tenggara / Newzoo

Menariknya pengembang game yang ingin memasuki dan mencicip besaran kue pasar di wilayah Asia Tenggara, mungkin harus masuk dengan mobile game, karena besarnya pertumbuhan dan adopsi smartphone di kawasan ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter