1 October 2013

by Bambang Winarso

Nexus 5 Akan Menggunakan Android Kit Kat dan Siap Rilis 15 Oktober?

Sejak satu bulan yang lalu rumor terkait kehadiran Nexus 5 sudah mulai merebak dan jadi perbincangan banyak media, saga Nexus 5 bergulir saat smartphone besutan Google ini tanpa sengaja terlihat dalam sebuah video pengumuman Android Kit Kat.

Kejadian kedua adalah saat perangkat yang juga disinyalir sebagai Google Nexus 5 tertinggal di sebuah bar dalam kondisi recharge. Meski disertai embel-embel "tak sengaja" tetapi pola semacam ini sepertinya sedang ngetren dan bisa saja memang digunakan oleh produsen untuk membuat proses peluncuran gadget mereka menjadi lebih menarik, siapa yang tahu.

Tapi saga kemunculan Nexus 5 masih belum mencapai puncaknya, sebab baru-baru ini Myce.com menemukan sebuah bocoran log yang berisi spesifikasi lengkap smartphone Google Nexus 5. Bocoran ini bisa jadi referensi paling mendekati, paling tidak hingga kini hanya ini bocoran yang paling bisa dipercaya.

Dalam temuan tersebut disebutkan bahwa Google Nexus hampir dapat dipastikan akan hadir dengan spek layar dan prosesor yang cukup lumrah ditemukan di smartphone sekelas ini seperti layar 5 inci dan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 yang ditopang RAM berkapasitas 2GB.

Di bagian kamera terdapat peningkatan kualitas menjadi 8MP, lebih baik dibandingkan Nexus 4 yang hanya 4MP. Di bagian depan ada kamera 1.2MP. Nexus 5 disebutkan mempunyai ketinggian 131.9mm dan lebar 68.2mm, namun tidak disebutkan perihal ketebalan perangkat.

Di sektor konektifitas, Nexus 5 akan dilengkapi dengan beberapa fitur koneksi seperti Wi-Fi dual band, Bluetooth 4.0, GPS dan jaringan LTE  Amerika Utara.

Sayangnya tidak ada keterangan berapa kapasitas baterai yang akan disematkan di Nexus 5, namun dapat dipastikan perangkat ini nantinya mendukung metode pengisian ulang non kabel atau wireless charging yang kian populer. Tool-tool sensor juga disematkan di dalam perangkat ini, misalnya accelerometer, magnetometer, gyroscope, proximity dan barometer.

Google Nexus 5 diyakini akan berjalan dengan sistem operasi Android Kit Kat dan siap rilis 15 Oktober mendatang, walaupun salah sumber yang dikutip oleh GSMarena menyebutkan tanggal 31 Oktober lah yang akan jadi hari perilisan. Jika salah satunya benar, maka tak sampai 30 hari lagi kita sudah bisa memastikan kehadiran perangkat terbaru Google ini.

Sumber berita dan gambar Ubergizmo.