Categories

Misc

Nidji Merekrut Fans Lewat Kincir.com untuk acara Buka Puasa Bareng Nidji

guest post - 24 July 2013

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya. Ini kemudian makin diperjelas seiring maraknya aktivitas social media yang memungkinkan satu orang terhubung dengan banyak orang.

Khusus di arena industri musik, kemajuan teknologi, terkhusus akan maraknya social media dimanfaatkan bagi pelakunya, dalam hal ini artist/band untuk bisa menggapai penggemarnya yang tersebar di pelosok tanah air. Mereka kerap kali mengadakan aktivitas-aktivitas yang melibatkan fansnya. Dari sekadar kuis, bagi-bagi tiket, Meet and Greet sampai acara-acara offline lainnya.

Namun tidak banyak band yang menggunakan jalur online untuk membuat sebuah aktivitas offline, apalagi jika itu dalam skala besar yang melibatkan sejumlah besar fans mereka. Nidji, band papan atas yang punya fans yang tersebar di seluruh pelosok nusantara baru-baru ini melakukan terobosan dengan membuat sebuah acara besar bertajuk BukBerNidji 2013, sebuah acara akbar yang dilakukan Nidji bersama NidjiHolic (sebutan fans mereka) yang akan digelar Minggu, tanggal 28 Juli 2013.

Yang menarik disini adalah sistem rekruitmen fans mereka dilakukan secara online (online recruitment). Mereka memanfaatkan situs kincir.com – sebuah situs fansclub online pertama di Indonesia yang mengumpulkan  fans dan band dari seluruh Indonesia – untuk mendata semua NidjiHolic seantero  Nusantara  dan disaring dalam kuis dan dari mereka yang beruntung bisa ikutan dalam acara BukBerNidji 2013tersebut.

Mau tahu seperti apa sistem rekruitmennya? Berikut ini tahapannya:

  1. Jadi Fans NidjiHolic di Kincir

NidjiHolic memberikan link www.kincir.com/nidji  yang akan disebar lewat twitter dan social media lainnya, disitu NidjiHolic harus bergabung bersama NidjiHolic lainnya ke halaman idol Nidji yang ada di Kincir.com.

  1. Pendaftaran

Setelah masuk di kincir.com, NidjiHolic diminta untuk mengklik head banner yang ada di atas untuk daftar acara Buka Bareng Nidji.

  1. Pendataan dan penyaringan

Disini NidjiHolic diminta mengisi form isian, diantaranya menjawab pertanyaan yang diberikan Nidji, mengisi data beserta kota asal NidjiHolic dan nomor telepon. Setelah selesai, NidjiHolic diminta men-share kuisnya ke Twitter, Facebook dan Mindtalk.

Ini adalah cara baru yang digunakan Nidji dan NidjiHolic dalam bertahun-tahun acara Buka Bareng Nidji digelar. “Sebelumnya, kita selalu menggunakan sistem SMS dalam merekrut peserta”, ungkap Giring, mewakili Nidji.

Dengan memakai Kincir.com sebagai tempat pendaftaran sekaligus penyaringan fans, maka artis/fans bisa mendapatkan banyak keuntungan, dua diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pendataan yang menyeluruh

Dengan adanya form isian, band bisa dengan mudah membuat detil hal-hal yang diperlukan dari fans yang nantinya bisa dijadikan data yang menyeluruh. Misalnya: nomor telfon, kota asal, alamat twitter, jenis kelamin, dan lainnya.

  1. Penyaringan yang detail

Jika event tersebut dilakukan di tempat dengan kapasitas terbatas, maka open recruitment sangat cocok sebagai wadah untuk menyaring fans/partisipan yang ingin mendaftar. Caranya ialah dengan menggunakan kuis atau pertanyaan tertentu di dalam form.

Sistem online recruitment seperti yang dilakukan Nidji di Kincir.com ini bisa jadi contoh bagus untuk band-band lainnya dalam mengadakan event offline mereka.  Kasus ini juga sebagai bukti nyata akan kepekaan yang tinggi dari artist/band dalam memanfaatkan teknologi informasi khususnya social media dalam mengakomodir kebutuhan fansnya dalam sebuah cara yang sistematis dan tepat guna.

*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Kincir.com

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter