1. Lifestyle

Nikmati Wi-Fi Gratis di Taksi Express

Saya cukup yakin Anda - para pembaca Trenologi - setidaknya pernah satu kali dalam hidup terjebak kemacetan parah di atas kendaraan roda empat, terutama jika tinggal di ibukota Jakarta. Pernahkah Anda berharap seandainya saja ada koneksi internet Wi-Fi yang memadai sehingga Anda bisa menghibur diri ataupun bekerja di atas mobil?

Keinginan Anda segera terkabul. Bekerjasama dengan Huawei, Intertec dan Telkomsel, pengelola taksi Express menyiapkan sekitar 400 unit armada mobil dengan fitur hotspot Wi-Fi. Kini jika kemacetan menerpa, Anda bisa mengaktifkan perangkat bergerak untuk sekedar menikmati YouTube, hingga menyalakan laptop untuk memulai pekerjaan kantor.

Tentu saja kita bisa menggunakan jasa internet penyedia layanan selular, namun berita terbaik dari Wi-Fi taksi Express ini adalah Anda bisa menggunakan internet secara gratis selama perjalanan. Jika perjalanan di Jakarta menghabiskan waktu dua jam, maka selama dua jam pula Anda bisa mengubah kejenuhan menjadi sesuatu yang lebih produktif.

Kita tahu, kemampuan Wi-Fi ini membutuhkan hardware yang cukup canggih, dan dari sinilah Huawei masuk. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini menyediakan perangkat bernama Huawei Mobile Wi-Fi E5220. Ia diklaim sebagai mobile Wi-Fi Router terkecil di dunia yang mendukung konektivitas HSDPA serta banyak sistem operasi lain dan E5220 bisa langsung beroperasi dalam hitungan detik.

Yang unik adalah Anda bukan hanya bisa menyambungkan satu dua device, karena ia bisa terkoneksi hingga 10 perangkat. Untuk pemasangannya sendiri Express bekerjasama dengan Intertec sebagai distributor resmi router Huawei tersebut. Dari segi konektivitas, Telkomsel juga turun tangan dengan menyediakan pengalaman serta infrastrukturnya.

Menurut Account Director, Simon Sun, bagi Huawei menjadi penyelia hardware merupakan sebuah kontribusi inovatif untuk masyarakat Indonesia. Sang Executive Vice President Telkomsel Jabodetabek, Venusiana Papasi, juga menambahkan bahwa kerjasama ini, "Merupakan jawaban akan kebutuhan masyarakat di era digital mobile lifestyle."

Program ini masih dilangsungkan dalam masa uji coba, Anda bisa membedakan taksi Express biasa dengan taksi ber-Wi-Fi dari stiker yang ditambatkan pada mobil-mobil tersebut. Jika kita bandingkan dengan jumlah penduduk Jakarta dan sekitarnya, 400 unit bukanlah angka yang besar. Namun jika proyek ini terbukti sukses dalam tahap uji coba selama enam bulan, kemungkinan besar pengelola taksi Express akan meneruskan dan menambah jumlah mobil ber-Wi-Fi mereka.

Bayangkan betapa asiknya bermain game MMO di tengah kemacetan parah Jakarta... :)

Sumber artikel MetroTVNews.com dan gambar header Free WiFi via Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again