StartupGame

Nintendo 3DS Terjual Lebih Dari 10 Juta Unit di Amerika Serikat

Nintendo sekali lagi menunjukkan dominasinya dalam kancah perang gaming consolehandheld. Rekor baru yang diraihnya meninggalkan console lain jauh di belakang, serta membuat sang kompetitor, PlayStation Vita, terlihat semakin kerdil. Rekor ini tentu saja tercapai berkat strategi cantik Nintendo ditambah 'efek domino' jangka panjang yang diberikan olehnya.

Terhitung dari bulan lalu, Nintendo berhasil menjual sekitar 770.000 unit 3DS. Jumlah ini menambahkan total angka penjualan hingga 10,5 juta unit. Itu artinya ia adalah console handheld paling laris sepanjang masa yang pernah dibuat.

Tetapi seperti yang telah saya sebutkan di atas, peningkatan tajam ini juga berkat kemahiran Nintendo dalam membuat game eksklusif. Dan itu juga berarti jika dilihat dari perspektif tertentu, klaim Jason Rubin sekali lagi terbukti benar.

Ada dua (sebenarnya empat jenis yang berbeda) game dari franchise Nintendo yang berjasa dalam meningkatnya angka ini. Yang pertama adalah Pokemon X dan Y. Tiap versinya terjual lebih dari 225.000 kopi baik versi fisik maupun versi digital. Pada dasarnya Pokemon X dan Y adalah dua permainan yang sama dengan tokoh yang sama pula, ia hanya tersaji dengan pilihan 'spesies' Pokemon yang berbeda. Di negara asalnya sendiri, tercatat 1,26 juta kopi di-pre order oleh penduduk Jepang - bahkan jumlah ini tidak termasuk versi bundel Nintendo 3DS.

Permainan lain yang turut menyumbangkan jasanya adalah The Legend of Zelda: A Link Between Worlds. Sekuel dari A Link To The Past yang dirilis tahun 1991, dan game kedua franchise Zelda di 3DS setelah Ocarina of Time 3D ini juga terjual dengan angka yang cukup fantastis: lebih dari 280.000 kopi baik format fisik maupun digital. Edisi spesial untuk versi 3DS XL yang dijual khusus saat Black Friday lalu mendongkrak jumlah penjualan game ini hingga 405.000 kopi.

Di bulan Oktober lalu Nintendo juga memamerkan peningkatan sale game-game eksklusif Nintendo 3DS: penjualan Luigi's Mansion: Dark Moon naik 105 persen, Mario Kart 7 meningkat 130 persen, Donkey Kong Country Returns 3D naik 140 persen, Super Mario 3D Land laris manis dengan peningkatan penjualan 235 persen dan yang paling menakjubkan adalah Paper Mario: Sticker Star yang naik hingga 280 persen.

Walaupun begitu masih banyak hal yang harus 'dipikirkan' oleh Nintendo tentang home console teranyar mereka, Wii U. Para analis dari DFC Intelligence berani mengeluarkan klaim bahwa pada masa hidupnya, Wii U mungkin hanya terjual sekitar 25 juta unit - itu berarti hanya seperempat penjualan Nintendo Wii. Data terakhir di bulan Oktober menunjukkan ia hanya terjual 220.000 unit.

Akankah data ini akan mendorong Nintendo menciptakan game-game yang lebih baik dan lebih banyak untuk sepupu besarnya itu - terlepas dari Super Mario 3D World yang cukup mengagumkan?

Via The Escapist Magazine. Gambar header: MyNintendoNews.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again