Categories

Gadget

Nintendo Umumkan Waktu Peluncuran NX

Sayang sekali, Nintendo NX tidak dirilis dalam waktu dekat.

Yoga Wisesa - 27 April 2016

Harapan Nintendo meneruskan kesuksesan Wii melalui Wii U pupus karena sejumlah alasan. Di awal kelahirannya, pengembangan kontennya lamban, dan ia mendapatkan gempuran dari PS4 dan Xbox One. Tiga tahun setelah Wii U tersedia, perusahaan game asal Jepang itu dikabarkan mencoba membuat console baru, kali ini dengan pendekatan ‘berbeda’. Platform anyar itu diberi codename NX.

Sejauh ini Nintendo memang sama sekali belum menyingkap akan seperti apa NX nantinya. Rumor besar mengenai sistem tersebut muncul belum lama, membahas hardware serta aksesori. Di sana, diberitakan bahwa NX menyimpan komponen yang lebih canggih dari PS4. Dan pada tanggal 27 April 2016, akhirnya Nintendo mengumumkan waktu perilisan NX bersamaan dengan laporan finansial terkini.

Hal itu merupakan kabar gembira bagi mereka yang sudah menanti-nanti update dari Nintendo. Namun sayang sekali, NX tidak tersedia dalam waktu dekat. Spekulasi sebelumnya menyatakan, console anyar tersebut akan diperkenalkan di awal 2016, berpatokan dari momen distribusi software development kit (SDK) ke para developer third-party.

Via rilis Consolidated Financial Statements, Nintendo menyampaikan, “Khususnya untuk bisnis platform video game dedicated, kami saat ini sedang mengembangkan console game dengan konsep baru ber-codename ‘NX’, yang akan diluncurkan pada bulan Maret 2017.”

Keputusan Nintendo untuk merilis NX tahun depan sepertinya juga berdampak pada pelepasan game The Legend of Zelda terbaru, sama-sama mundur ke triwulan pertama 2017, sesudah sempat ditunda tahun lalu. Saat itu produsen Eiji Aonuma menyampaikan, ia dan timnya ‘menemukan beberapa kemungkinan baru’ buat permainan tersebut. Rencananya, The Legend of Zelda akan tersaji untuk console NX dan Wii U.

Berbeda dari NX, Nintendo lebih murah hati dalam mengungkapkan agenda mereka untuk handheld console 3DS. Para pemiliknya boleh berbahagia karena Pokémon Sun dan Moon akan segera mendarat pada musim dingin (akhir tahun) 2016. Kemudian mereka telah menyiapkan judul lain semisal Kirby: Planet Robobot serta Metroid Prime: Federation Force.

Meskipun tidak membahasnya lebih spesifik, Nintendo turut menyampaikan, “Sejumlah permainan dari publisher third-party dijadwalkan buat meluncur. Bersamaan dengan judul-judul tersebut, kami bermaksud menyegarkan kembali platform 3DS dan berupaya memperluas jangkauan global serta melebarkan demografi konsumen, menggapai wanita dan anak-anak kecil.”

Via Gamespot.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter