Categories

Otomotif

Nissan Juga Punya Mobil Elektrik Tanpa Sopir, Siap Meluncur Tahun 2020

Glenn Kaonang - 26 October 2015

Bertenaga listrik dan bisa menyetir sendiri, mungkin seperti inilah bayangan kita terhadap mobil di masa depan – paling tidak sebelum mobil terbang terealisasi. Sejauh ini sebenarnya sudah ada mobil produksi massal yang memenuhi kedua kriteria di atas. Apa lagi kalau bukan Tesla Model S?

Namun ada satu catatan penting yang perlu diperhatikan: sedan elektrik terpopuler itu tidak sepenuhnya bisa menyetir sendiri. Ia memang bisa menginjak pedal gas dan rem serta menjaga mobil berada di jalurnya, akan tetapi pengemudi masih diwajibkan untuk terus waspada dengan memosisikan tangannya di dekat lingkar kemudi.

Intinya? Teknologi kemudi otomatis yang benar-benar sempurna masih belum bisa diterapkan sekarang. Nissan pun mengamininya. Mereka baru saja memamerkan Nissan Leaf Piloted Drive 1.0 Concept sebagai acuan dari mobil kemudi otomatis yang hendak diproduksi di tahun 2020 nanti.

Info menarik: Akhirnya Dirilis, Ini Detail Mengenai Fitur Autopilot di Tesla Model S

Hal ini berarti Nissan punya waktu lima tahun untuk menyempurnakan sistem kemudi otomatisnya. Dari luar dan dalam, mobil konsep ini sebenarnya sangat mirip seperti mobil elektrik Nissan Leaf yang sudah ada di pasaran luar sekarang. Bedanya, seabrek sensor telah disematkan sehingga mobil bisa mengenali keberadaan bermacam objek di sekitarnya.

Di sini Nissan mengandalkan 12 kamera, 5 radar, 4 pemindai laser dan satu set sensor ultrasonik. Di atas kertas, jumlah sensor ini jauh lebih banyak ketimbang yang dimiliki Tesla Model S sekarang. Artinya, ia pasti bisa lebih memahami kondisi di sekitarnya dengan lebih merinci, dan pada akhirnya mengemudi dengan lebih terampil.

Pengujiannya akan dimulai dalam waktu dekat di Jepang. Di Jepang sendiri, regulasi yang ditetapkan mewajibkan mobil kemudi otomatis untuk dilengkapi sejenis mode pengendalian manual, dimana penumpang yang berada di dalam bisa mengambil alih kemudi kapan saja dibutuhkan.

2020 sepertinya akan jadi tahun yang menyenangkan bagi penggemar otomotif, karena pada saat itu juga paling tidak kita akan melihat dua mobil kemudi otomatis yang siap diproduksi: satu dari Google dan satu dari Nissan. Tentunya kita tak boleh lupa apa yang bisa dilakukan Tesla selama lima tahun ke depan.

Sumber: Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter