29 October 2012

by Amir Karimuddin

Nokia Hadir Kembali di Spektrum CDMA, Bawa Lumia 822 untuk Verizon

Sudah cukup lama Nokia berkomitmen untuk tidak lagi mendukung konektivitas CDMA. Kali ini, Nokia yang bernafsu untuk menaklukan pasar Amerika Serikat mau tidak mau harus berkompromi. Setelah pengumuman Nokia Lumia 820 (dan Lumia 920) yang di sana secara eksklusif ditawarkan oleh AT&T, hari ini Nokia secara resmi menghadirkan Lumia 822 untuk jaringan Verizon yang merupakan operator terbesar di Amerika Serikat. Lumia 822 mengusung platform Windows Phone 8.

Berdasarkan spesifikasi yang dikumpulkan oleh GSM Arena (belum ada di situs resmi Nokia), Lumia 822 ini hanya akan mendukung konektivitas CDMA hingga 2000 1xEV-DO. Selain dukungan terhadap CDMA, Lumia 822 juga mendukung jaringan LTE 700 MHz. Ini sejalan dengan rencana Verizon yang memperluas coverage LTE untuk menggantikan Rev. A sebagai jaringan supercepatnya.

Tidak disebutkan kapan smartphone ini akan dirilis, tapi diprediksikan bakal hadir akhir tahun ini setelah peluncuran Lumia 920 dan 820 ke publik. Pengguna fanatik CDMA di Indonesia mungkin sudah mulai mempertimbangkan seri ini sebagai alternatif seri-seri Android.