Nulisbuku.com Siap Pecahkan Rekor Dengan Acara ’99 Writers in 9 Days’

Nulisbuku.com Siap Pecahkan Rekor Dengan Acara ’99 Writers in 9 Days’

Nulisbuku.com
Nulisbuku.com

Nulisbuku.com, sebuah layanan penyedia jasa penerbitan PoD, atau print on demand yang memungkinkan para penulis untuk lebih mudah dalam menerbitkan tulisan, atau naskah buku mereka dan memungkinkan semua orang menjadi penerbit, sedang bersiap untuk menggelar acara, yang mungkin saja bisa masuk MURI, acara itu dinamakan: ’99 Writers in 9 Days’.

Acara yang merupakan hasil kerjasama antara Nulisbuku dengan Mizan Digital Publishing ini, akan mengajak siapapun yang sedang atau akan menerbitkan buku untuk bergabung dengan Nulisbuku.com dengan mengirimkan naskah tulisan mereka dalam jangka waktu sembilan hari dan akan diterbitkan secara bersamaan pada tanggal 8 Oktober 2010, di gelaran Indonesia Book Fair 2010 bertempat di Istora, Senayan, Jakarta. Jika melihat tanggal pendaftaran terakhir, yaitu tanggal 5 Oktober, sepertinya acara ini dimulai sejak tanggal 27 September 2010 kemarin.

Sejak kemunculannya saya sangat berharap dengan Nulisbuku.com sebagai sebuah pembaruan dari sistem penerbitan serta dunia buku Indonesia, yang bagi saya masih stagnan atau tidak memunculkan sebuah inovasi terbaru, terutama untuk versi cetak. Beberapa waktu yang lalu, saya juga bertemu dengan salah satu relasi saya yang kebetulan mendirikan penerbitan, darinya saya menemukan bahwa kondisi industri buku akhir-akhir ini sedang lesu, beberapa pameran yang saya hadiri juga nampak tidak ramai seperti beberapa tahun yang lalu.


Bagi saya, buku adalah sebuah barang berharga yang harus dijaga terus pertumbuhannya, maka dari itu saya selalu senang jika ada aplikasi web atau startup lokal yang mengembangkan layanan mereka dan membawa buku dan dunia baca- tulis pada sebuah alternatif pilihan, seperti halnya Nulisbuku.com.

Untuk menikuti acara ’99 Writers in 9 Days’, seperti yang dijelaskan pada situs Nulisbuku.com, Anda cukup melakukan registrasi di situs Nulisbuku.com, kemudian mengunduh template yang telah disediakan dalam format Microsoft Word, kemudian tempatkan naskah pada template, dan unggah file dalam format Word atau PDF, dengan tidak lupa mengisi jumlah kolom halaman serta harga jual buku.

Nulisbuku juga menambahkan bahwa naskah tulisan sudah termasuk layout isi buku serta desain sampul depan serta belakang, dengan kata lain, naskah telah siap cetak. Untuk sampul buku bisa berformat JPG atau PDF dengan resolusi 300 dpi dengan ukuran 13 cm x 19 cm.

Kalau melihat dari keterangan pada situs Nulisbuku, tidak ada biaya dalam mengikuti acara ini, termasuk untuk registrasi dan fasilitas menerbitkan naskah pada situs Nulisbuku, bahkan penulis yang mengikuti program ini bisa mendapatkan hadiah, dan untuk penulis yang menerbitkan buku lebih dari satu judul, hanya akan dipilih satu saja untuk diikutkan pada acara ’99 writers in 9 days’ ini. Pendaftaran, dengan cara mengunggah naskah di Nulisbuku, paling lambat tanggal 5 Oktober 2010.

Acara ini bisa menjadi sarana promosi bagi Nulisbuku, yang memang butuh dikenal di komunitas buku, dan kerjasama dengan Mizan bisa jadi strategi yang tepat juga, mengingat Mizan termasuk salah satu penerbit lokal ternama yang cukup rajin dan cukup dikenal oleh penikmat buku, dengan segmen bacaan yang cukup luas juga, tidak melulu menerbitkan buku di segmen buku agama, namun novel, buku untuk segmen remaja sampai anak-anak juga tersedia, satu hal yang pasti, target 99 penulis harus tercapai dan tidak ada keterlambatan cetak pada hari H, karena kalau itu terjadi, gaung dari judul acara yang cukup ‘megah’ bisa kurang mengena.

Kita lihat perkembangan peluncuran 99 buku dari Nulibuku dan Mizan ini, semoga bisa memberikan warna dan babak baru bagi dunia pernerbitan, dunia buku serta tulis-menulis lokal. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti, bisa melihat pengumumannya pada tautan ini.


DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Event
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…