Categories

Game

Nvidia Coba Berkiprah di Bidang Pengembangan Game Lewat Mod Fallout 4

Mod berjudul Vault 1080 ini digarap oleh tim Nvidia LightSpeed Studios.

Yoga Wisesa - 1 September 2016

Nvidia tidak bisa dipisahkan dari gaming sejak mereka memperkenalkan GeForce belasan tahun silam. Bersama rival utamanya, para pionir ini terus melakukan terobosan-terobosan besar di ranah grafis. Tapi meski ada banyak permainan yang sengaja dioptimalkan untuk produk mereka, Nvidia hampir belum pernah berkiprah langsung di bidang pengembangan game.

Hal tersebut akan segera berubah. Lewat website GeForce, Nvidia mengumumkan agenda mereka buat berkecimpung di sana, dan caranya tidak muluk-muluk. Tim asal Santa Clara itu belum berniat untuk menggarap game dari nol, namun mencoba 'memperkaya' pengalaman permainan yang sudah ada di judul terlaris di tahun lalu: Fallout 4. Caranya ialah dengan menyiapkan sebuah mod bernama Vault 1080.

Peluncuran DLC terbaru, Nuka World di tanggal 30 Agustus kemarin menandai akhir dari pengembangan konten resmi oleh Bethesda Game Studios, memungkinkan developer beralih ke proyek selanjutnya. Tetapi karena Fallout 4 merupakan salah satu game favorit para modder, proses ekspansi konten oleh fans akan terus berlangsung. Saat ini Anda bisa menemukan ratusan modifikasi baik untuk grafis hingga gameplay, semuanya tersaji gratis.

Tapi ketika mayoritas mod tersebut dibuat oleh sesama gamer, Vault 1080 dari Nvidia LightSpeed Studios tentu saja jauh lebih lebih ambisius. Tim internal ini adalah para talenta yang bertanggung jawab melakukan remaster permainan-permainan PC klasik ke Nvidia Shield. Dan untuk Vault 1080, mereka fokus pada penyajian efek-efek visual mutakhir dengan maksud 'membuat dunia paska perang nuklir jadi lebih seram dan berbahaya'; dan mencoba menantang kinerja mesin Anda.

Vault 1080 menghadirkan sejumlah fitur grafis yang tidak ada di versi standar Fallout 4, satu contohnya adalah pencahayaan volumetric. Lalu bayangan dibuat lebih realistis serta lebih gelap, memanfaatkan HBAO+ agar seolah-olah menyerap cahaya. Kemudian Anda akan menyaksikan cantiknya efek godray, yaitu ketika sinar matahari menembus celah-celah di objek.

Deskripsi Nvidia mengenai Vault 1080 boleh dibilang se-misterius screenshot-screenshot serta video yang mereka perlihatkan. Vault 1080 merupakan sebuah mod besar, menawarkan lokasi-lokasi indoor maupun outdoor seperti rawa-rawa serta lorong-lorong dalam tanah, menjanjikan sebuah vault 'yang belum pernah Anda lihat sebelumnya'. Saya pribadi berharap mod ini bukanlah sekedar upaya mempromosikan GPU GTX seri 10, namun juga diracik supaya selaras dengan tema Fallout 4.

Vault 1080 akan tersedia mulai tanggal 2 September 2016 bersamaan dengan dimulainya event PAX West, dapat Anda unduh dari situs Bethesda.net.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter