Categories

Game

Nvidia Luncurkan Grid, Layanan Streaming Game, Gratis Hingga Pertengahan Tahun Depan

Yoga Wisesa - 14 November 2014

Meskipun terdengar baru, developer sebenarnya sudah bereksperimen dengan konsep cloud gaming bertahun-tahun silam. OnLive bisa dibilang merupakan perusahaan pertama yang mengenalkan cloud gaming dalam produk retail pada khalayak. Nasib sang pionir memang berakhir kurang baik, namun Nvidia (dan juga PlayStation) terus melanjutkan ide tersebut.

Sudah cukup lama Nvidia mengenalkan Grid, sebuah layanan streaming game on-demand dimana Anda dapat memainkan game-game PC papan atas hanya dengan menggunakan device mobile ataupun handheld. Dari semenjak awal tahun 2014, Nvidia telah melangsungkan uji coba secara lokal di Amerika. Dan kini mereka mengumumkan bahwa GRID siap diluncurkan tanggal 18 November nanti.

Berita baiknya lagi, jika Anda sudah memiliki device handheld Nvidia – baik Shield Portable maupun Shield Tablet, layanan Grid dapat diakses gratis hingga tanggal 30 Juni 2015. Sebagai hidangan pembuka, Nvidia telah menyiapkan 20 permainan dan berjanji akan menambah jumlahnya lagi. Artinya, semua game tersebut bisa dinikmati cuma-cuma, dan tujuh bulan adalah waktu yang sangat lapang untuk memainkan semuanya.

Visi Nvidia menyajikan Grid sebenarnya sangat sederhana. Berbicara pada Polygon, Andrew Fear selaku senior product manager Grid menjelaskan bagaimana mereka ingin menyuguhkan versi gaming dari layanan Netflix. Pelanggan tidak lagi perlu repot-repot mengunduh dan men-setting, tinggal browsing permainanan dan nikmati apapun yang mereka inginkan. Nvidia berupaya untuk menghadirkan judul-judul baru tiap minggu.

 

Info menarik: Nvidia Mendemonstrasikan Teknologi Canggih Mereka Dalam Computex 2014

 

Nvidia sadar, merealisasikan teknologi streaming game bukanlah hal mudah. Sang perusahaan membutuhkan komputer-komputer gaming berperforma tinggi. Lalu mereka perlu merancang sistem yang mampu mendistribusi permainan hanya dalam beberapa milidetik. Grid mengusung teknologi low-latency, dipadu komputer berkapasitas 20 petaflop – setara dengan supercomputer tercepat di Bumi saat ini, Titan.

Grid pada dasarnya menawarkan layanan serupa seperti PlayStation Now, tapi Nvidia sangat percaya diri dengan keunggulan kualitasnya. Proses booting hanya membutuhkan 20 sampai 25 detik (40-50 detik di PS Now), kemudian walau sama-sama memberikan resolusi 720p, Anda mendapatkan 60 frame rate ditambah V-sync. Namun pastikan dulu koneksi internet Anda melebihi 10 Mbps.

Beberapa judul permainan yang sudah dikonfirmasi hadir pada pelucuran perdana Grid antara lain Brutal Legend, Ultra Street Fighter 4, Batman: Arkham City, Borderlands 2, Psychonauts, Half-Life 2, Portal hingga Strike Suit Zero. Shield Tablet juga rencananya akan mendapatkan update ke Android 5.0 Lollipop tanggal 18 November nanti.

Sumber: Nvidia.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id