27 September 2016

by Glenn Kaonang

Oakley Radar Pace Adalah Kacamata Pintar dengan Dukungan Teknologi Intel Real Speech

Mampu diajak berkomunikasi menggunakan bahasa percakapan sehari-hari sekaligus mengerti konteks

Nama Oakley pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar olahraga. Kacamata buatannya telah menghiasi wajah seabrek atlet, baik amatir maupun profesional, meski tidak mengemas fitur fitness tracking atau semacamnya. Namun sebentar lagi, Oakley sudah siap merilis kacamata pintar perdananya.

Dijuluki Oakley Radar Pace, prototipe perangkat ini sebenarnya sempat dipamerkan oleh Intel selaku mitra pengembangnya di ajang CES di bulan Januari kemarin. Ia pada dasarnya merupakan lini kacamata Oakley Radar, tapi dengan sentuhan fitur-fitur pintar di berbagai aspek.

Sebelum terlambat, jangan berpikir kalau perangkat ini bisa menggantikan peran fitness tracker atau smartwatch Anda. Ia bisa dianggap sebagai jembatan antara Anda dan smartwatch, mengakomodasi komunikasi via suara ketimbang mengharuskan Anda untuk memandang layar smartwatch di tengah-tengah sesi berlari yang intensif.

Di dalamnya bernaung tiga buah mikrofon yang didukung oleh teknologi Intel Real Speech, yang pada dasarnya merupakan sistem pengolah bahasa alami yang dapat memahami konteks. Contohnya, saat Anda baru hendak naik ke treadmill, Anda bisa bertanya berapa laju jantung Anda pada saat itu. Lalu setelah mulai berlari selama beberapa menit, Anda tinggal menanyakan "sekarang bagaimana?", dan Radar Pace mengerti kalau yang Anda maksud adalah laju jantung.

Oakley Radar Pace dibekali sepasang earphone yang bisa ditekuk atau dilepas seandainya sedang tidak digunakan / Oakley

Data laju jantung ini berasal dari fitness tracker atau smartwatch yang sedang Anda kenakan. Oakley mengklaim Radar Pace kompatibel dengan tracker atau smartwatch yang memiliki konektivitas Bluetooth, tapi berdasarkan pengamatan Mashable, Apple Watch ternyata tidak termasuk.

Jangan samakan juga Radar Pace dengan Google Glass, sebab fungsinya sangat jauh berbeda. Radar Pace tidak memiliki display sama sekali, bahkan chip GPS pun tidak ada. Yang ada hanyalah sepasang earphone yang bisa ditekuk atau dilepas sekalian jika sedang tidak dipakai. Dengan demikian, bobotnya pun masih bisa terasa ringan di angka 56 gram.

Berbekal earphone, tentu saja Radar Pace bisa Anda pakai untuk mendengarkan musik yang berasal dari smartphonevia Bluetooth. Ia bahkan bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan Siri atau Google Assistant dengan bantuan panel sentuh pada tangkai sebelah kiri. Soal baterai, Radar Pace bisa beroperasi selama 6 jam nonstop dalam satu kali charge, atau 4 jam ketika disambi mendengarkan musik.

Oakley berencana memasarkan Radar Pace mulai tanggal 1 Oktober mendatang seharga $449.

Sumber: Mashable dan Engadget.